fbpx
logo pspp
staff bandara pspp penerbangan

Yuk, Kenali Tugas Staff di Area Penerbangan

Staff bandara atau staff penerbangan merupakan karyawan atau staff perusahaan penerbangan yang membantu melayani penumpang, baik sebelum maupun setelah penerbangan.. Petugas bandara yang menjabat posisi ini akan bekerja di bandara untuk melayani para pelanggan selama sebelum dan sesudah penerbangan. Staff tersebut yang akan bekerja di bandara untuk melayani dan memastikan semua aktifitas penerbangan. Aktifitas-aktifitas tersebut baik dalam segi pelayanan pengguna jasa penerbangan agar semuanya berjalan degan lancar, aman dan terkendali.

Selain dikenal sebagai Ground staff, staff bandara juga memiliki banyak sebutan, seperti Ground Handling atau Pasasi bahkan Staff Airlines. Tugas mereka cukup penting demi kelancaran proses penerbangan. Tentunya tugas mereka bermacam-macam ya, sesuai dengan divisi mereka. Masing-masing divisi ini memiliki tugasnya sendiri, yaitu:

  1. Ticketting

Dari namanya, sudah terlihat kan ya.. Nah mereka ini juga staff penerbangan yang bertugas melayani calon penumpang pada proses booking, pembelian hingga issued tiket. Mereka akan ditempatkan di area-area penjualan tiket resmi dari maskapai tempat mereka bekerja. Mereka juga bisa saja langsung di bandara pada area ticketting counter yang melayani go show.

  • Boarding Gate

Staff penerbangan yang menempati divisi ini bertugas pada ruang tunggu yang mengontrol penumpang agar tidak keluar daru ruang tunggu. Selain itu mereka juga bertugas mengontrol penumpang yang sakit, bayi dan juga ibu hamil dengan menanyakan izin terbangnya.

  • Check In Counter

Petugas staff penerbangan pada bagian check in counter ini memiliki tugas untuk meng check-in tiket penumpang serta memasukkan bagasi penumpang. Detailnya seperti ini:

  • Meminta tiket dan identitas penumpang untuk dicocokkan
  • Menginputkan tiket ke dalam sistem dan memberikan nomor kursi penumpang
  • Menukar tiket penumpang dengan boarding pass yang sudah tercetak tujuan penerbangan, asal penerbangan, nomor kursi, nama penumpang, nomor penerbangan, ruang tunggu dan waktu boarding.
  • Menimbang bagasi penumpang
  • Meminta penumpang membayar axcees baggage ke kasir bila mana jumlah timbangan melebihi batas maksimal free baggage
  • Memberikan label bagasi pada bagasi penumpang dan nomor baggage claim pada penumpang
  • Services

Staff penerbangan pada bagian ini tugas utamanya ialah membantu penumpang-penumpang khusus. Seperti penumpang yang sakit, penumpang yang menggunakan kursi roda, anak-anak ataupun lansia yang tidak ditemani anggota keluarga saat terbang.

Tugas mereka adalah menemani atau mengantar penumpang khusus mulai setelah check in hingga penumpang telah masuk ke dalam pesawat. Mereka akan menjemput di pesawat dan mengantarkan hingga keluar bandara dan bertemu dengan penjemputnya.

  • Lost and Found

Staff penerbangan yang menempati divisi ini akan bertugas di terminal kedatangan. Tugas mereka ialah mengecek bagasi dan nomor bagasi yang diambil penumpang yang akan dibawa pulang karena telah selesai melakukan penerbangan. Hal ini bertujuan untuk menghindari barang tertukar atau tertinggalnya bagasi penumpang di bandara.

Selain itu, mereka juga akan bertugas menerima dan menyelesaikan laporan kerusakan ataupun kehilangan bagasi dari para penumpang.

  • Bagage Handling

Staff penerbangan yang khusus menangani masalah bagasi disebut dengan Bagage Handling. Tugas mereka menghitung total keseluruhan bagasi yang akan masuk ke pesawat dalam setiap penerbangan.

  • Costumer Relation Officer (CRO)

Costumer Relation Officer (CRO) merupakan staff penerbangan yang ditugaskan secara khusus dalam menangani komplain-komplain yang terjadi ketika di bandara. Baik sebelum maupun setelah penerbangan. Apabila terdapat penumpang yang mengajukan komplain, maka mereka lah yang akan bertugas menanggapinya.

Nah itu tadi tugas masing-masiing divisi dari Staff Penerbangan. Mengingat dalam setiap tahunnya maskapai penerbangan selalu melakukan peremajaan staff penerbangan pada perusahannya, maka kesempatan kerja posisi ini pasti besar. Dalam satu bandara, bisa terdapat 80 hingga 100 staff penerbangannya loh.. Banyak kan ya? Kesempatan banget nih untuk adek yang ingin bergabung menjadi staff bandara. Tentunya untuk masuk menjadi staff bandara bukanlah hal yang mudah, adek akan perlu bimbingan serta pengalaman agar dapat bersaing dengan pendaftar lainnya. Gabung yuk jadi keluarga besar PSPP Penerbangan, sekolah Staff Penerbangan Terbaik.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *