fbpx
logo pspp
staff penerbangan

Tes Seleksi Staff Penerbangan Maskapai | PSPP Penerbangan

Tidak hanya para Pramugari, Pilot maupun Profesi lain di maskapai penerbangan tentu akan melakukan sejumlah rangkaian tes sebelum diterima. Hal ini menandakan jika untuk bisa menekuni profesi ini ada sejumlah kriterai yang harus dipenuhi tiap kandidat.

Profesi Staff Penerbangan adalah karyawan yang bertugas di darat (bandara) untuk memberikan pelayanan kepada penumpang pesawat, baik sebelum keberangkatan maupun pelayanan saat kedatangan.

Melihat betapa pentingnya peran Staff Penerbangan di bandara, sehingga tidak semua orang mampu menjalani profesi ini dengan baik. Maka dari itu untuk menjadi Staff Penerbangan harus melewati beberapa rangkaian tes seleksi.

Tes Seleksi Staff Penerbangan

Sebelum mendapat posisi yang kamu inginkan di maskapai penerbangan tertentu, setiap calon personil pasti akan melakukan tes seleksi. Rangkaian tes ini wajib untuk diikuti. Jika berhasil melewati dan lolos dalam tahap / tes yang diberikan, mereka pun bisa diterima dan mendapat posisi sesuai yang diinginkan.

Jika kamu ingin bekerja sebagai Staff Penerbangan, kamu juga harus bisa lolos seleksi tersebut. Oleh sebab itu, diperlukan sejumlah wawasan dan penampilan fisik yang perlu kamu ketahui. Beberapa kriteria ini akan diuji nantinya. Hal tersebut dikarenakan ada standar tertentu yang perlu kamu harus penuhi, seperti:

  1. Tes Performance

Jika kamu ingin menjadi staff penerbangan, tes performen ini menjadi hal pertama yang dilakukan. Tinggi dan berat badanmu akan diukur apakah sudah memenuhi syarat. Selain itu, kerapian mulai dari ujung kaki hingga kepala akan dilihat, begitu pula dengan cara berjalanan, duduk, dan berpakaian.

  • Psikotes

Psikotes perlu dilakukan untuk mengetahui kepribadian calon Staff Penerbangan. Jika pada tes kamu memenuhi kriteria, maka kamu akan mengikuti tahap selanjutnya.

  • Wawancara User

Tes wawancara ini pada umumnya meliputi pengetahuan yang kamu ketahui tentang perusahaan dari maskapai penerbangan yang merekrut kamu.

  • Wawancara Kompetensi

Wawancara kompetensi akan lebih berfokus untuk mengetahui seperti apa diri kamu secara pribadi.

  • Tes Kesehatan

Tes kesehatan yang berlangsung meliputi tes jantung, paru-paru, mata, urine, darah, gigi, pernafasan, tulang, pendengaran, serta cek fisik lainnya.

  • Tes Aspek Keamanan

Pada pramugari sendiri tes ini akan meliputi pertanyaan seputar Republik Indonesia, seperti Pancasila.

  • Tes Pantukhir

Tahap tes terakhir dari seleksi kali ini adalah kamu akan dihadapkan langsung dengan direksi perusahaan maskapai penerbangan. Pada tahap ini, nasib diterima atau tidak setiap kandidat akan diketahui. Pastikan kamu tidak gugup dan berpenampilan maksimal.

Yang Perlu Kamu Siapkan Untuk Menjadi Staff Penerbangan

Sebelum mengikuti berbagai tes seleksi, sejumlah persiapan tentu akan dilakukan semua kandidat terlebih dahulu. Beberapa persiapan ini bukan hanya dari segi fisik dan mental, akan tetapi juga wawasan. Beberapa komponen yang menjadi bagian dari persiapan tes calon siswa, antara lain:

  1. Fisik

Perhatikan fisik kamu apakah sudah memenuhi berat dan tinggi badan sesuai kriteria. Selain itu, kesehatan fisik juga perlu disiapkan dengan pola hidup sehat.

  • Mental

Pastikan jika kamu bisa membawa diri dengan baik. Hindari rasa gugup berlebihan dan pastikan kamu siap mengikuti tiap rangkaian tes yang diujikan.

  • Wawasan

Wawasan disini mencakup kemampuanmu dalam bidang bahasa Inggris, perusahaan maskapai penerbangan yang akan kamu ikuti, dan banyak lainnya yang perlu kamu siapkan.

Untuk memudahkan kamu melewati serangkaian tes yang akan diujikan perusahaan atau maskapai penerbangan, sebelumnya kamu harus mengikuti pendidikan dulu di sekolah penerbangan. Sekolah penerbangan yang baik dan terakreditasi A sudah sangat membantumu dalam melatih mental dan wawasan agar sesuai kriteria maskapai penerbangan impianmu. Sekolah Penerbangan itu adalah PSPP Penerbangan.

Informasi Pendaftaran PSPP Penerbangan

Pendaftaran PSPP Penerbangan dibuka setiap tahun dengan 3 angkatan yaitu angkatan kelas Juli dan kelas Desember. Jika calon siswa menanyakan pertanyaan ini di bulan April, maka calon siswa dapat mengikuti kelas di bulan Juli atau kelas Desember atau kelas tahun berikutnya.

Pendaftaran ditutup sewaktu-waktu jika kuota kampus terpenuhi. Masing-masing kampus PSPP hanya menyediakan 150 kursi pendidikan dimana PSPP kini sudah memiliki 5 kampus di Indonesia yaitu di Jakarta, Lampung, Yogyakarta, Bali dan Makassar.

Jika pada saat bertanya mengenai pendaftaran dan ternyata sudah ditutup untuk angkatan berikutnya, maka otomatis kamu akan diarahkan ke pendaftaran angkatan berikutnya lagi, artinya walaupun pendaftaran sudah ditutup, masih ada pendaftaran lagi untuk angkatan selanjutnya. Bagi adek-adek yang ingin bergabung dengan Sekolah Penerbangan Terbaik PSPP Penerbangan. Hubungi Panitia Pendaftaran PSPP Penerbangan untuk informasi selengkapnya melalui Call/WA di admin website. Jadi begitu ya, ketemu lagi ya nanti sama mimin. Semoga informasi dari mimin bermanfaat. Terimakasih

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *