Tes Buta Warna AVSEC (Aviation Security) | PSPP Penerbangan

Tes buta warna menjadi rangkaian dalam tes kesehatan bagi calon AVSEC. Untuk mengetahuinya bukan melalui pemeriksaan kesehatan, melainkan dengan uji tes buta warna. Tes ini  merupakan rangkaian penting dalam tahap seleksi AVSEC, yaitu dengan memilik kesehatan mata yang baik.

Persyaratan Menjadi AVSEC

AVSEC (Aviation Security) merupakan profesi yang bertugas menjaga keselamatan dan keamanan bandara demi kelancaran proses penerbangan. Seorang AVSEC diwajibkan memiliki STKP atau yang dikenal dengan lisensi AVSEC.

Selain STKP, calon AVSEC juga perlu memenuhi beberapa kriteria secara fisik maupun adminstratif seperti:

  • Warga Negara Indonesia
  • Pria atau wanita maksimal 27 tahun
  • Pendidikan minimal SMA/K sederajat
  • Tinggi minimal pria 170 cm, wanita 165 cm
  • Sehat jasmani dan rohani
  • Berpenampilan menarik dan berkepribadian baik
  • Tidak buta warna dan hepatitis
  • Kedua mata normal (tidak minus)
  • Belum pernah menikah
  • Belum pernah mengalami patah tulang

Calon pendaftar perlu melampirkan bukti riwayat kesehatan yang baik dari dokter termasuk hasil Tes Buta Warna AVSEC yang telah dilakukan.

Tes Buta Warna AVSEC (Aviation Security)

Buta warna adalah suatu kelainan yang disebabkan karena ketidakmampuan sel-sel kerucut mata dalam menangkap spektrum warna tertentu. Hal ini dapat diakibatkan karna faktor genetik atau dikarenakan pola hidup.

Terkait cara pengobatannya, hingga saat ini belum ditemukan obat atau cara mengobati penyakit buta warna. Namun, bagi penderita buta warna bisa menyiasati dengan sendirinya melalui proses belajar. Tes buta warna termasuk dalam salah satu tes yang tidak bisa ditinggalkan bagi perusahaan penerbangan.

Jangan khawatir, karna Tes Buta Warna AVSEC ini umumnya sama yaitu dengan mengetahui angka-angka yang tersembunyi dalam bulatan penuh titik-titik dengan warna berbeda dan mencolok. Jika kamu kesulitan menebak maupun salah, bisa jadi itu menandakan kamu termasuk dalam buta warna.

Kamu bisa mencoba dengan mengerjakan bersama teman dan mencocokkannya. Beberapa contoh tes buta warna ialah dengan menebak angka-angka yang ada. Kamu bisa mencoba menerka dan membaca angka-angka yang muncul pada gambar. Nah, ini contoh beberapa gambar yang perlu kamu tes.

Source: https://www.alodokter.com/buta-warna

Soal-soal seperti gambar tadi kurang lebihnya akan kamu ketahui ketika melamar di suatu perusahaan atau maskapai penerbangan.

Lalu Kenapa AVSEC Tidak Boleh Buta Warna?

Permasalahan buta warna memang menjadi pemicu kegagalan seseorang menghadapi tes masuk perusahaan. Terlebih pada pekerjaan dalam dunia penerbangan. Hal itu karena tugas tanggung jawab serta resiko dalam dunia penerbangan memang tinggi. Sehingga para pekerjanya dituntut memiliki tingkat kebugaran dan kesehatan yang tinggi pula.

Leave a Comment

Your email address will not be published.