Site icon Sekolah Pramugari, Staff Bandara & AVSEC PSPP Penerbangan

Tata Cara Berpenampilan Ala Pramugari | PSPP Penerbangan

pramugari

Sekolah Pramugari PSPP Jakarta – Penampilan bagi pramugari ialah bentuk citra diri yang terpancar dari diri seseorang. Hal tersebut juga merupakan sarana komunikasi antara individu dengan individu lain. Tampil menarik akan menjadi salah satu kunci sukses dalam kehidupan sosial bermasyarakat. Orang lain akan merasa nyaman dan betah dengan penampilan diri yang sedap dipandang mata.

Berpenampilan mewah belum tentu menarik, akan tetapi tergantung pada diri individu sendiri dalam kaitannya pengembangan diri seutuhnya secara baik. Penampilan dapat dibilang menarik manakala penampilan itu terlihat pleasing atau berbentuk sempurna dalam pengertian proporsi dari setiap bagian terstruktur secara harmonis.

Tata cara penampilan ala pramugari yang dapat dilakukan untuk dapat berpenampilan menarik, meliputi:

a. Sikap atau pembawaan

Sikap atau pembawaan yang baik akan menimbulkan kesan yang baik pula. Dalam hal ini, fisik seseorang memegang peranan penting melalui cara berjalan, cara berbicara, cara duduk, cara berdiri maupun cara makan.

b. Ekspresi wajah dan bahasa tubuh

Perihal ekspresi wajah dan bahasa tubuh, diantaranya:

1) Cara memandang, yaitu pandangan mata saat melihat atau berbicara dengan lawan bicara.

2) Tubuh meliputi sikap kepala (tegak), sikap wajah (alis, mata, bibir).

c. Berbicara

Dengan berbicara yang baik, pramugari dituntut bahasa tubuh sesuai dengan pembicaraan yang dilakukan. Suara juga harus disesuaikan dengan kondisi waktu, tempat dan inti pembicaraan. Seperti: apabila pembicaraan mengandung makna kemarahan maka ekspresi wajah, intonasi suara juga menyelaraskan dalam keadaan gusar.

d. Kesehatan

Kesehatan ialah hal yang harus diperhatikan dan diusahakan agar dapat memberikan penampilan segar dan prima. Kesehatan juga perlu dijaga dengan cara: makan serta tidur secara teratur, jangan terlalu tegang dan lelah, olahraga yang teratur disesuaikan dengan kondisi tubuh, pandangan hidup yang optimis.

e. Kebersihan dan kerapian

Bau badan serta bau mulut merupakan hal yang harus diperhatikan dan dihindarkan, sebab akan mengganggu penampilan secara keseluruhan.

Berpenampilan menarik ala pramugari sendiri dapat dilakukan untuk menghindari bau badan ialah menghindari makanan yang berbau tajam dan merangsang, makan teratur dengan memperbanyak sayuran dan buah-buahan dan secara teratur minum jamu. Sedangkan hal yang harus dilakukan ntuk menghindari bau mulut ialah dengan menjaga kebersihan gigi, menghindari penyakit lambung, menjauhi makanan yang berbau merangsang seperti petai, bawang, durian, dsb.

f. Tata rambut dan tata rias

Tata rambut sendiri perlu adanya penyesuaian dengan bentuk muka, tubuh, profesi, waktu, faktor kepribadian (tidak memaksakan suatu mode tertentu), usia. Sedangkan untuk tata rias, haruslah dibedakan berdasarkan waktu, usia, profesi dan karakter.

Tata rias untuk pagi hari, gunakan warna teduh, pastel memberi kesan sederhana. Jangan memakai pemerah pipi dan warna lipstik yang menyolok. Garis mata juga jangan terlalu tajam, gunakan mascara yang ringan pada bulu mata. Pada malam hari, tata rias dapat digunakn warna-warna yang mencolok, mengkilap dan terkesan tajam dan berat.

g. Tata Busana

Busana saja berfungsi sebagai pelindung tubuh dan menutup bagian tertentu pada tubuh. Busana sendiri memiliki fungsi untuk memperindah diri. Kesan positif akan dapat dilihat ketika seseorang mampu berbusana dengan tepat dan baik. Hal itu akan menambah percaya hidup. Berbusana dengan baik akan menampilkan pribadi yang baik pula. Itu tadi tips berpenampilan menarik ala pramugari yang kamu bisa jadikan panduan untuk dirimu.

Exit mobile version