Aviation Security PSPP Penerbangan – Tahapan Seleksi AVSEC di setiap perusahaan tentunya berbeda-beda. Jika di maskapai penerbangan pada umumnya tes AVSEC hanya perlu tahap wawancara saja beda halnya di Angkasa Pura. Angkasa Pura memiliki beberapa tahapan yang perlu dijalani.

Perihal kriteria yang wajib dimiliki pelamar. Masing-masing perusahaan juga memiliki kriteria masing-masing termasuk Angkasa Pura yang memiliki ketentuan tersendiri. Berikut ini beberapa kriteria yang wajib dipenuhi untuk melamar sebagai AVSEC di Angkasa Pura:

  • Pria/Wanita Warga Negara Indonesia
  • Pendidikan minimal SMA/SMK
  • Untuk pria tinggi badan minimal 170 cm dan untuk wanita 165 cm
  • Tidak buta warna dan tidak berkacamata/contact lens
  • Batas usia minimal 18 tahun dan maskimal 28 tahun
  • Berbadan sehat dinyatakan dengan Surat Keterangan Dokter
  • Belum menikah dengan dinyatakan oleh pejabat yang berwenang, minimal Lurah
  • Berkelakuan baik yang dinyatakan dengan SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian)
  • Mengikuti seluruh tahapan seleksi yang diadakan Angkasa Pura
  • Mau dan bersedia ditempatkan di seluruh wilayah kerja PT Angkasa Pura

Inilah Tahapan Seleksi AVSEC Yang Dilakukan di Angkasa Pura

Setelah memiliki lisensi dan memenuhi beberapa kriteria yang memenuhi persyaratan terkait Seleksi AVSEC di Angkasa Pura. Kamu akan melewati 6 tahap berikut ini agar bisa diterima sebagai AVSEC di Angkasa Pura.

Seleksi Administrasi

Setiap pelamar diwajibkan mengisi formulir online yang berisikan data yang valid. Formulir yang kamu lengkapi secara online nantinya akan dicek oleh tim penguji. Pastikan kamu mengisi semua data secara benar, sebab akan dicocokkan bila kamu lolos tahap berikutnya.

Tes Fisik

Tes fisik ini diperuntukkan bagi pelamar yang lolos seleksi administrasi. Tes fisik ini hampir sama dengan tes di kepolisian yang bertujuan untuk mengetahui kondisi fisik pelamar.

Tes Pengetahuan Umum/Subtansial dan Bahasa Inggris

Seorang AVSEC juga perlu memiliki wawasan luas termasuk dapat berkomunikasi dengan Bahasa Inggris. Maka dari itu, terdapat tes pengetahuan umum serta Bahasa Inggris pada Tahapan Tes AVSEC di Angkasa Pura.

Tes Psikologi

Selain untuk mengetahui kondisi psikologis para pelamar, tes ini juga untuk diperuntukan untuk mengetahui sifat pelamar dari segi psikologisnya. Sebab pada tahap ini akan diuji oleh penguji yang paham ilmu psikologi.

Tes Kesehatan

Pada tahap ini, penguji akan mengecek kesehatan kamu secara keseluruhan. Mulai dari kesehatan jantung, paru-paru, mata, gigi, pendengaran termasuk urine. Selain tidak diizinkan mempunyai penyakit berat, tidak bermata minus, pernah mengalami patah tulang, hepatitis ataupun mengidap buta warna.

Wawancara Akhir

Pada tahap wawancara ini akan mempertemukan antara pelamar yang sudah dinyatakan lolos para tahapan-tahapan sebelumnya dengan direksi perusahaan. Oleh sebab itu, siapkan diri kamu dengan baik untuk menghadapi tahap ini. Karna diterima/tidaknya kamu tergantung pada tahap akhir ini.

Persiapan Menghadapi Tahapan Seleksi AVSEC di Angkasa Pura

Menjadi personil AVSEC di Angkasa Pura tentunya akan memiliki banyak saingan, sebab Angkasa Pura sendiri adalah salah satu perusahaan favorit para calon AVSEC. Dan banyaknya keuntungan yang ditawarkan perusahaan ini.

Meskipun kamu memiliki kriteria fisik yang memenuhi persyaratan, akan tetapi peluang kamu lolos hanya berapa persen saja. Dimana menjadi AVSEC bukan hanya perlu fisik, tapi juga skill, knowledge, dsb.

Dapat diterima di Angkasa Pura tentu akan menjadi kebanggaan sendiri, seperti yang alumni PSPP Penerbangan rasakan. PSPP Penerbangan adalah lembaga pendidikan AVSEC berlisensi resmi yang siap mendidik dan melatih calon AVSEC agar siap menghadapi persaingan, PSPP juga memberikan lisensi/STKP. Lembaga ini telah mendapat jadwal pelaksanaan UJIAN NEGARA dari Keamanan Penerbangan.

Baca juga: Contoh Soal Tes Tertulis AVSEC PSPP Penerbangan 2020

Informasi Pendaftaran Sekolah AVSEC

Pendaftaran PSPP Penerbangan tahun 2020 ini dibuka 2 periode yaitu di bulan Juni dan Desember. Apabila calon siswa menanyakan pertanyaan ini di bulan Mei, maka calon siswa dapat mengikuti kelas di bulan Juni atau kelas Desember atau kelas tahun berikutnya.

Pendaftaran ditutup sewaktu-waktu jika kuota kampus terpenuhi. Pada setiap kampusnya, PSPP hanya menyediakan 150 kursi pendidikan. Yang mana PSPP kini sudah memiliki 4 kampus di Indonesia yaitu di Jakarta, Lampung, Yogyakarta dan Makassar.

Apabila kamu bertanya mengenai pendaftaran dan ternyata sudah ditutup untuk angkatan berikutnya, maka otomatis kamu akan diarahkan ke pendaftaran angkatan berikutnya lagi, artinya walaupun pendaftaran sudah ditutup, masih ada pendaftaran lagi untuk angkatan selanjutnya. Begitu seterusnya.

Bagi kamu yang ingin bergabung dengan Sekolah AVSEC PSPP Penerbangan. Informasi selengkapnya atau ada yang mau ditanyakan, adik bisa menghubungi kak Asna melalui Call/WA di 0822 1195 1972. Jadi begitu ya, ketemu lagi nanti sama mimin. Semoga informasi dari mimin bermanfaat. Terimakasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *