fbpx
logo pspp
pramugari seragam hitam

Syarat & Cara Menjadi Pramugari Haji & Umroh Terupdate

Nah kesempatan kali ini mimin akan berbagi informasi mengenai Syarat & Cara Menjadi Pramugari Haji. Dalam dunia penerbangan sebutan Pramugari (untuk wanita) dan Pramugara (untuk pria), mereka merupakan staf/karyawan perusahaan pengangkutan umum (baik udara, darat, dan laut) yang bertugas melayani penumpang. Tugas utama mereka adalah menjaga keselamatan dan melayani kenyamanan penumpang selama dalam perjalanan.

Perbedaan Reguler & Pramugari Haji

Pramugari Haji akan bertugas hanya pas musim haji saja, sedangkan Pramugari Reguler melayani setiap penerbangan di perusahaan Airlines. Yang pasti pramugari reguler akan dipersiapkan untuk menjadi pegawai tetap maskapai penerbangan, sedangkan pramugari haji hanya sesuai kontrak saja.

Biasanya kontrak untuk pramugari haji hanya sampai dengan musim haji selesai, maka dari itu berakhir pula kontrak yang dijalani oleh pramugari haji tersebut. Pada musim haji berikutnya tiba, akan diadakan kembali seleksi awak kabin haji. Maka yang sudah pernah terbang atau punya pengalaman disebut “Recurent” sedangkan yang belum punya pengalaman terbang disebut “Zero Hour”.

Perlu Diadakan Perekrutan Lagi Untuk Kabin Haji

Pramugari yang memiliki pengalaman sebagai kabin haji biasa disebut Recurrent tetap perlu mengikuti tes seleksi lagi jika berniat untuk menjadi pramugari di musim haji berikutnya. Begitupun dengan pelamat yang belum berpengalaman atau Zero Hour, mereka harus melewati beberapa tahapan tes terlebih dahulu.

Tes Pramugari Haji dan Reguler

Pada umumnya tugas kedua jenis pramugari tersebut sama yaitu melayani para penumpang di pesawat. Perbedaan secara signifikan pun tidak terlalu terlihat oleh para penumpang. Mungkin hanya perbedaan pada seragam yang dikenakan oleh pramugari haji lebih tertutup dan menggunakan jilbab.

Proses seleksi awak kabin haji akan berbeda dengan tes pramugari yang dilakukan dengan pramugari reguler. Pramugari reguler akan mendapatkan tes yang lebih sulit dan ketat karna mereka akan menjadi pramugari tetap di sebuah airlines.

Selain perlu adanya pelatihan / training yang akan dijalani oleh pramugari reguler juga akan memerlukan waktu yang lebih lama dibanding dengan pramugari haji. Akan tetapi tetap menjadi kesempatan besar bagi pelamar yang memiliki keinginan menjadi pramugari di maskapai domestik tetapi tetap menggunakan jilbab.

Tahap Tes Seleksi Pramugari Haji

Menjadi seorang pramugari haji harus melewati tahap-tahap tes pramugari haji. Nah ini yang kamu perlu perhatikan. Dalam proses seleksinya perbedaan hanya akan terlihat dari tes bahasa Inggris dan tes fisik. Sedangkan tes pramugari reguler, semuanya akan lebih sulit.

Tahapan ini akan lebih ringkas dibanding pramugari reguler, namun tetap bisa berubah-ubah tergantung kebijakan maskapai penerbangan. Simak yuk tahapan tes Pramugari Haji.

1. Tes Penampilan / Performance

Yang perlu diutamakan dari seorang pramugari adalah Penampilan. Tes Penampilan ini untuk kabin haji tidak jauh berbeda dengan Tes Penampilan pramugari reguler. Pada tes ini akan dilakukan pengecekan dasar seperti tinggi badan, berat badan, make up serta cara berjalan.

Meskipun menjadi pramugari kabin haji, penampilan tetap jadi poin utama yang dilihat dari seorang pramugari, jadi kamu tetap harus memperhatikan kondisi fisik dengan teliti.

Tipsnya adalah jangan make up berlebihan & berpakaian rapi menarik (bukan seksi) karena pramugari bukan profesi foto model atau bintang iklan. Meskipun pramugari mengutamakan penampilan dan jika diperkenankan untuk memperkenalkan diri, perkenalkan diri kamu seperlunya dan gunakan bahasa yang sopan.

2. Tes Psikotes dan Tes Bahasa Inggris

Cara pramugari haji juga harus bisa berbahasa inggris. Tes ini biasanya bersamaan dengan tes psikotes. Tes ini adalah tes dasar mengenai penggunaan bahasa inggris sehari-hari meliputi grammar, reading test dan writing.

Sedangkan untuk tes psikotes calon pramugari tidak akan rumit hanya mengetes ketelitian masing-masing calon pramugari. meskipun terlihat sulit dalam tes ini ada baiknya jika kamu mempersiapkan diri kamu mendapatkan hasil yang maksimal. Bisa dengan kursus bahasa inggris dan membaca tips-tips mengerjakan soal Psikotes.

3. Tes Wawancara / Interview

Tes wawancara / interview ini tes yang paling menyeramkan karena semua hal mengenai kepribadian dan pengetahuan kamu akan dikupas secara detail pada tes ini. Maka dari itu persiapkan diri kamu jauh-jauh hari sebelum tes ini diadakan, kamu bisa mempersiapkan diri dengan menambah pengetahuan dan mempelajari hal-hal umum. Terlepas dari hal tersebut, paling utama ialah pengetahuan umum mengenai haji dan seputar profil perusahaan.

Persiapkan juga bahasa inggris kamu jika tiba-tiba diminta untuk menjawab semua pertanyaan dengan bahasa inggris. Secara khusus pertanyaan yang keluar merupakan mengenai latar belakang, kepribadian dan masalah pendidikan.

Jangan lupa ya pada setiap tahap seleksi tetap kamu harus memperhatikan penampilan, karena penampilan akan menjadi pusat perhatian dan usahakan datang tepat waktu sebelum tes dimulai.

4. Tes Kesehatan

Tes kesehatan untuk pramugari tidak jauh berbeda dengan tes kesehatan yang dilakukan pramugari reguler. Dimana kamu akan menghadapi berbagai pemeriksaan kesehatan secara mendalam, mulai dari tes jantung, paru-paru, penglihatan, pendengaran, tulang dan kesehatan gigi dan kulit.

Tips ini adalah gunakanlah waktu untuk istirahat secara maksimal (jangan begadang), perbanyak minum air putih untuk kesehatan. Jika kamu memiliki gigi yang kotor berlubang maka segera tangani masalah ini dengan ke dokter atau ke spesialis. Pastikan keadaanmu pada saat tes kesehatan dalam keadaan fit.

Syarat Menjadi Pramugari Haji (Umum)

1. Laki-laki / Perempuan

2. Beragama Islam

3. Sehat jasmani dan rohani

4. Pendidikan minimal SMA/K sederajat

5. Usia maksimal 59 tahun pada saat pendaftaram

6. Perempuan tinggi badan minimal 158 cm dan maksimal 172 cm, dengan tubuh yang ideal dan proposional

7. Sedangkan untuk laki-laki tinggi badan minimal 165 cm dan maksimal 178 cm dengan berat badan ideal dan postur tubuh proposional

8. Bersedia ditempatkan di Embarkasi manapun

Syarat Dokumen Pramugari

1. Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK)

2. Surat Izin Orang Tua di atas Materai 6000

3. Surat Keterangan Belum Pernah Menikah dari Pejabat Pemerintahan (Kelurahan)

4. Copy KTP Orang Tua (Ayah/Ibu)

5. Copy Akte Kelahiran

6. Copy KK (Kartu Keluarga)

7. Copy Ijazah SD sampai dengan terakhir

8. Foto berwarna ukuran 4 x 6 (kebutuhan menyesuaikan) Sebelum kamu mendaftarkan dirimu di menjadi seorang Pramugari, alangkah baiknya jika kamu mendaftarkan diri kamu di sekolah Pramugari terlebih dahulu. Kebanyakan maskapai penerbangan akan lebih memprioritaskan calon Pramugari yang sudah memiliki pengalaman dan wawasan mengenai dunia penerbangan seperti yang diajarkan di sekolah penerbangan dibandingkan dengan yang belum berpengalaman. Salah satu Sekolah Pramugari Terbaik yang sudah dikenal dan ada di kota besar di Indonesia adalah PSPP Penerbangan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *