Sekolah AVSEC PSPP Penerbangan – Petugas keamanan masih menjadi salah satu profesi favorit yang banyak diincar kaum adam. Gagah dan berwibawa membuat para kaum adam tertarik dengan profesi ini. Khususnya apabila berkesempatan untuk menjadi petugas keamanan khusus seperti keamanan penerbangan. Tentunya banyak hal yang perlu disiapkan bila ingin meraih karir ini.

Menjadi bagian dari dunia penerbangan memang masih sangat bergengsi. Banyak orang yang berlomba-lomba untuk turut menjadi karyawan di industri ini. Yang mana salah satunya AVSEC.

Persiapan Menjadi AVSEC Sangat Dibutuhkan

Saat ini peluang kerja di dunia penerbangan semakin banyak. Tidak terkecuali untuk profesi keamanan penerbangan atau sering dikenal dengan sebutan AVSEC. Meningkatnya minat masyarakat untuk bepergian menggunakan moda transportasi udara membuat maskapai penerbangan lebih bersemangat mengembangkan bisnisnya di dunia penerbangan. Hal tersebut lah yang akan mempengaruhi kuantitas peluang pekerjaan pada industri ini.

Bekerja dalam bidang penerbangan bukan hanya menguntungkan dari segi salary saja, melainkan pengalaman yang akan kamu dapatkan akan sangat berharga. Bahkan jika kamu bosan dan ingin mendapat pekerjaan lain, memiliki pengalaman di bidang penerbangan akan membuat kamu lebih mudah juga mendapatkan pekerjaan lain.

AVSEC sendiri ialah petugas keamanan yang dikhususkan untuk menjaga keamanan penerbangan dari segala tindakan yang melawan hukum atau membahayakan penerbangan. Akan tetapi, beratnya tanggung jawab seorang AVSEC memaksa perusahaan pengelola bandara harus benar-benar selektif dalam menyeleksi calon AVSEC baru yang akan mengisi lowongan kerja.

Hal yang Perlu Disiapkan Untuk Menjadi AVSEC

Bagi kamu yang sering bepergian dengan transportasi pesawat terbang, tentu kamu akan bertemu langsung personil AVSEC. Sebab untuk memasuki terminal bandara maupun ruang tunggu, calon penumpang akan benar-benar menjalani pemeriksaan yang ketat. Yang mana dalam pemeriksaan tersebut dilakukan oleh AVSEC.

Saat menjalankan tugasnya, AVSEC harus memiliki sertifikat kecakapan yang disebut STKP atau lisensi. Sehingga AVSEC pun berhak menyita barang bawaan penumpang yang dapat membahayakan proses penerbangan apabila di bawa saat penerbangan. Sebab hal tersebut untuk menciptakan zero accident dan sudah diatur dalam undang-undang.

Bila kamu sungguh-sungguh untuk meraih mimpimu menjad AVSEC, sulit tidaknya akan tidak terasa kok. Pastinya kamu telah melakukan beberapa Persiapan Menjadi AVSEC supaya dapat menghadapi persaingan meraih profesi ini.

Hal Pokok yang Perlu Kamu Siapkan Untuk Menjadi AVSEC

Personil AVSEC bukanlah keamanan pada umumnya dan untuk meraihnya juga bukanlah hal yang mudah. Kamu perlu menjalani serangkaian tes dan menghadapi persaingan yang ketat. Maka dari itu lakukan hal pokok ini agar kamu memiliki peluang lebih besar untuk diterima menjadi AVSEC.

Mencari Lisensi/STKP Resmi

STKP/Lisensi adalah dokumen yang wajib dimiliki AVSEC. Hal tersebut tertuang pada Peraturan Direktorat Perhubungan Udara No: SKEP/2765/XII/2010 Bab I Butir 9. Untuk mendapatkannya kamu harus lolos dalam UJIAN NEGARA. Yang mana materi tersebut akan diajarkan ketika kamu mengikuti sekolah AVSEC. Pastikan kamu tidak keliru  dalam memilih sekolah AVSEC. Maka dari itu hanya Sekolah AVSEC Berlisensi Resmi untuk menjembatani kamu dalam mendapatkan STKP/lisensi.

Proporsionalkan Tinggi dan Berat Badan

Penampilan menarik juga perlu dimiliki oleh AVSEC. Salah satu persyaratan mutlaknya yakni memiliki tinggi badan minimal 170 cm bagi laki-laki dan 165 cm bagi perempuan. Kemudian jangan lupa idealkan pula berat badan kamu.

Jauhi Narkoba dan Hilangkah Tato Bila Kamu Memilikinya

Salah satu tes yang akan dihadapi ialah background check dan tes urine. Bila kamu pernah terlibat dengan tindakan melawan hukum, salah satunya narkoba maka kamu akan sulit diterima menjadi AVSEC.

Selain itu tato juga dapat menghambat kamu menjadi AVSEC. Terlebih apabila tato terletak pada kulit yang tidak tertutup seragam. Oleh sebab itu, segera lakukan cara menghilangkan tato agar peluang diterima semakin besar.

Baca juga: AVSEC Tidak Boleh Bertato, Hilangkan Dengan Ini!

Jagalah Kesehatan

Keseharan yang baik yakni syarat mutlak jadi AVSEC. Sebab tugas utama seorang AVSEC menjaga keamanan penerbangan dan dituntut mempunyai fisik prima setiap bertugas. Hal yang tidak boleh dimiliki AVSEC selain penyakit yang berat juga adalah: buta warna, mata minus, hepatitis serta pernah mengalami patah tulang.

Pelajari Klasifikasi Dangerous Goods

Dangerous Goods merupakan kelompok barang-barang yang membahayakan penerbangan. Berkaitan dengan tugasnya dalam menjaga keamanan penerbangan, AVSEC perlu tahu barang-barang yang dilarang selama perjalanan.

Sebab bila sampai lolos, dikhawatirkan penerbangan terganggu. Bahkan bisa memicu kecelakaan. Di sekolah AVSEC Berlisensi resmi kamu juga bisa mendapat pelatihan ini. Salah satu sekolah AVSEC Berlisensi Resmi adalah PSPP Penerbangan.

Informasi Pendaftaran Sekolah AVSEC

Pendaftaran PSPP Penerbangan dibuka setiap tahun dengan 3 angkatan yaitu angkatan kelas Maret, kelas Juli dan kelas November. Jika calon siswa menanyakan pertanyaan ini di bulan April, maka calon siswa dapat mengikuti kelas di bulan Juli atau kelas November atau kelas tahun berikutnya.

Pendaftaran ditutup sewaktu-waktu jika kuota kampus terpenuhi. Pada setiap kampusnya, PSPP hanya menyediakan 150 kursi pendidikan. Yang mana PSPP kini sudah memiliki 5 kampus di Indonesia yaitu di Jakarta, Lampung, Yogyakarta, Medan dan Makassar.

Jika pada saat bertanya mengenai pendaftaran dan ternyata sudah ditutup untuk angkatan berikutnya, maka otomatis kamu akan diarahkan ke pendaftaran angkatan berikutnya lagi, artinya walaupun pendaftaran sudah ditutup, masih ada pendaftaran lagi untuk angkatan selanjutnya. Begitu seterusnya.

Bagi kamu yang ingin bergabung dengan Sekolah AVSEC Berlisensi Resmi PSPP Penerbangan. Informasi selengkapnya atau ada yang mau ditanyakan, adik bisa menghubungi kak Asna melalui Call/WA di 0822 1195 1972. Jadi begitu ya, ketemu lagi nanti sama mimin. Semoga informasi dari mimin bermanfaat. Terimakasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *