avsec

Petugas AVSEC Melarang Benda Ini Masuk ke Pesawat

Pernah gak sih kamu merasakan barang bawaan kamu disita oleh petugas AVSEC? Gimana coba rasanya? Tau kan, jika memang petugas AVSEC melarangmu membawa barang tersebut, itu artinya barang yang kamu bawa akan membahayakan penerbangan. Mereka akan melakukan pekerjaan tentu sesuai dengan prosedur kinerja mereka dan berlandaskan hukum.

Ada beberapa jenis barang yang memang tidak diperbolehkan dibawa ke dalam pesawat. Ketentuan itu merupakan peraturan internasional yang telah ditetapkan oleh ICAO (International Civil Aviation Organization) yang merupakan Organisasi Penerbangan Sipil Internasional. Jadi ini dia barang-barang yang tidak boleh dibawa ke dalam pesawat:

  1. Dilarang membawa cairan berbahaya

Maskapai penerbangan secara umum akan melarang penumpangnya membawa cairan berbahaya, seperti zat kimia. Meski demikian, kamu tetap boleh membawa benda-benda cair seperti minyak kayu putih, parfum, hairspray maksimal 100 ml kok. Yang lebih aman, kamu bisa memasukkannya ke dalam bagasi dan melapisinya dengan plastik bening.

  • Dilarang membawa benda-benda yang berbahan gas

Penumpang pesawat pada umumnya dilarang membawa benda-benda yang berbahan gas, seperti cat semprot, korek api, dsb. Karna gas akan memicu terjadinya ledakan, tentunya sangat mengancam keselamatan para penumpang.

  • Dilarang membawa benda-benda tajam

Jangan sekali-kali kamu membawa benda tajam ke pesawat. Benda-benda itu seperti pisau, pedang, samurai, anak panah,dsb meskipun fungsinya hanya sebagai souvenir. Barang-barang tersebut layak disita oleh petugas keamanan bandara. Sedangkan peralatan make up seperti gunting kuku, kikir kuku, pisau cukup, dsb jika kamu perlu kamu bisa memasukkannya ke dalam tas koper dan dimasukkan ke dalam bagasi. Lebih praktis lagi jika kamu membelinya di tempat tujuan.

  • Dilarang membawa senjata api dan peralatan berbahaya lainnya

Setiap maskapai penerbangan akan melarang penumpangnya untuk membawa senjata api dan peralatan berbahaya lain yang dapat memicu ledakan. Seperti: amunisi, kembang api, petasan, dsb. Kecuali jika memang benda tersebut diizinkan sebagai bagasi dan didaftarkan atas keputusan mutlak dari maskapai yang bersangkutan karena alasan yang sangat khusus.

  • Dilarang membawa benda-benda yang dapat mengembang

Benda-benda yang dapat mengembang seperti bola tiup untuk olahraga basket, voli, dsb dilarang dibawa ke dalam pesawat. Diperbolehkan jika sudah dikempiskan.

Itu tadi beberapa barang yang akan diberhentikan oleh para petugas AVSEC ketika kamu akan melakukan penerbangan. Selain beberapa benda tersebut, masih ada beberapa benda lainnya yang mungkin bisa disita petugas karna alasan mengancam keselamatan para penumpang. Alangkah baiknya kamu membawa barang-barang yang kamu perlukan saja ya guys untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Baca juga : Tes Buta Warna AVSEC

Bagi kamu yang tertarik menjadi bagian dari keamanan penerbangan (AVSEC) boleh banget ni mengikuti pendidikan di Sekolah AVSEC Berlisensi Resmi PSPP Penerbangan. Selain kamu akan mendapat ilmu baru kamu juga akan memperoleh Lisensi AVSEC.

Leave a Comment

Your email address will not be published.