Website Pendidikan Sekolah PSPP Penerbangan 2019

Perbedaan Pramugari & Staff Penerbangan | PSPP Penerbangan

pramugari

Perbedaan Pramugari & Staff Penerbangan | PSPP Penerbangan

Pendidikan Pramugari PSPP Jogja – Pramugari dan Staff Penerbangan adalah kedua profesi yang ada dalam dunia aviasi atau penerbangan. Mungkin banyak yang sudah tau apa saja tugas tanggung jawab masing-masing pekerjaan ini, Tapi mungkin saj ada yang belum tau perbedaan diantara keduannya.

Mengenal Profesi Pramugari & Staff Penerbangan

Dilansir dari pramugari.info, dalam dunia penerbangan mungkin kita akan menyebut pilot sebagai satu-satunya profesi yang paling bergengsi karena ditangannya dan bantuan co-pilot mereka membawa pergi para penumpang ke tujuannya masing-masing. Tapi tentu pilot tidak bisa melakukan pekerjaan sendiri, Maka dari itu dibutuhkan tenaga lain untuk mendukung kelancaran operasional Penerbangan atau selama masih didalam Bandara. Ada yang namanya petugas ATC yang mengontrol jalur pesawat memudahkan pilot dalam navigasi dan memilihkan route yang tidak bertabrakkan dengan pesawat lain, Teknisi/Maintenance, FOO, Aviation Security, porter bandara dll.

Pelayanan pada pelanggan adalah salah satu unsur penting didalam komunikasi pemasaran(marketing). Pelayanan pada pelanggan bertujuan untuk  memelihara dan meningkatkan hubungan psikologis antara produsen dengan pihak pelanggan serta memantau barbagai keluhan mereka.Dan dalam hal ini jasa pelayanan prima dalam penerbangan banyak diservice oleh Flight Attendant (Pramugari/a) dan juga Ground Staff (Staff Penerbangan).

Dasar-dasar pelayanan prima: Ability (Kemampuan), Attitude (Sikap), Appearance (Penampilan), Attention (Tindakan), dan Accountability (Tanggung Jawab).

Perbedaan Pramugari & Staff Penerbangan

Nah sudah paham kan pembagian jobdesk dalam dunia penerbangan? Sesuai bahasan kali ini , ita akan bahas 2 profesi penerbangan dalam bidang pelayanan jasa pada konsumen yakni Pramugari/Flight Attendant dan Staff Penerbangan. Pelayanan atau Service konsumen Penerbangan dbagi ke dalam Pre Flight Service (Pelayanan Sebelum Penerbangan) , In Flight Service (Pelayanan selama penerbangan) dan Post flight service (Pelayanan sesudah penerbangan). Preflight dan post flight service diempu oleh Staff Penerbangan/ground Staff dan untuk In Flight Service diemban oleh Para awak kabin pesawat atau biasa yang dikenal dengan Pramugari.

Tugas Pramugari (FA)

Awak kabin pesawat yang melayani penumpang selama penerbangan disebut Pramugari sebenarnya masih ada juga Pramugara (untuk laki-laki), Tapi kebutuhan untuk pramugari lebih banyak dan lebih diprioritaskan. Karena pada awalnya pekerjaan ini diperuntukkan untuk perempuan. Keberadaan pramugari ini tetap dianggap bisa membantu penumpang pemula, menyediakan makanan/minuman, menjawab pertanyaan dan keluhan penumpang, membantu menenangkan anak-anak, atau penumpang newbie yang bingung atau takut selama penerbangan.

Tugas Staff Penerbangan

Staff Penerbangan memiliki beberapa sebutan seperti Airline Staff, Staff Bandara, Ground staff, Pasasi dan mungkin Aircrew. Tugas dan tanggung jawab Staff Penerbangan variatif. Tapi pada dasarnya melayani penumpang pesawat baik sebelum ataupun sesudah penerbangan. Unit -unit Ground Staff tersebar dibeberapa titik. Terminal area: Boarding gate, Melayani Check in yakni proses konfirmasi calon penumpang, Check in counter melakukan verifikasi data penumpang mulai dari nama, embarkasi, Flight number, identitas dll. Hingga pembuatan boarding pass. Boarding pass adalah suatu dokumen atau legalitas naik pesawat yang diberikan maskapai pada calon penumpang.  Baggage Handling, Petugas yang membantu /mengurus barang-barang penumpang ke Pesawat. Bagian reservasi tiket: Layanan pembelian tiket pesawat.

Jadi Sudah tau ya perbedaan Pramugari dengan Staff Penerbangan? Pramugari memberikan pelayanan pada penumpang selama penerbangan (Inflight Service) sedangkan Staff Penerbangan memberikan pelayanan saat sebelum maupun sesudah penerbangan. Sedangkan persamaannya ialah sama-sama mengedepankan pelayanan prima pada para calon penumpang penerbangan.

Cara Menjadi Pramugari & Staff Penerbangan

Setelah membaca penjelasan diatas, Bagiamana? Tertarik? Banyak cara untuk menjadi pramugari maupun Staff Penerbangan, bisa dengan mengikuti rekruitmen yang diselenggarakan pihak maskapai tapi harus memenuhi persyaratan-persyaratannya. Karena berhubungan dengan jasa pelayanan, Maka penampilan ‘good looking’ menjadi sangat penting terutama yang berhubungan dengan tinggi/berat badan, Kebersihan kulit dan pentingnya penguasaan Bahasa asing.

Baca juga: Kompensasi Pesawat Delay Yang Perlu Dimaklumi

Sekolah Pramugari Terakreditasi A PSPP Penerbangan

Karir Pramugari memang dibilang sangat menggiurkan. Pada kenyataanya, profesi Pramugari bukan hal yang mudah diraih semua orang. Hal ini dikarenakan sebuah maskapai penerbangan memiliki aturan dan seleksi yang cukup ketat. Maka disinilah peran penting sekolah Pramugari untuk mewujudkan mimpi siswa-siswinya melalui PSPP Penerbangan.

PSPP Penerbangan akan membantu proses mencari informasi lowongan kerja disamping memberikan keterampilan dan kesiapan bekerja. PSPP Penerbangan sendiri sudah membuka pendaftaran bagi siswa-siswi baru untuk kelas Februari dan Juni. Informasi pendaftaran lebih lengkapnya hubungi kak Rika dengan Call/WA 0877-8300-8282. Sekian informasi dari admin. Semoga informasi yang admin berikan bermanfaat ya. Terimakasih

Perbedaan Pramugari & Staff Penerbangan | PSPP Penerbangan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Daftar Sekarang
Chat WA Now!
Powered by
WhatsApp chat