Mungkin sebagian orang masih bingung dan bertanya-tanya apakah Perbedaan Lisensi Dengan Sertifikat? Biasanya bagi kamu yang bercita-cita menjadi AVSEC kamu sering mendengar istilah Lisensi bukan? Dalam dunia pendidikan sendiri, banyak sekolah yang memberikan pelatihan dan ujian untuk mendapatkan lisensi atau sertifikat. Jika kamu belum tahu perbedaannya, yuk baca lebih dalam.
Perbedaan antara kedua dokumen sangat mendasar dan perlu kamu ketahui. Bahkan mungkin jika ada lowongan pekerjaan yang hanya menerima seseorang jika mendapatkan salah satu dari kedua dokumen tersebut. Pastikan pekerjaan yang kamu inginkan membutuhkan sertifikat atau lisensi atau keduanya sebelum kamu mengambil sebuah sekolah atau kursus.
Tentang Lisensi
Lisensi tidak dapat dibuat secara asal-asalan atau sembarangan oleh institusi. Lisensi sendiri merupakan pengakuan dari sebuah negara untuk melakukan sesuatu. Jadi sebuah sekolah tidak bisa mengeluarkan lisensi ya.. resmi dari negara.
Di Indonesia sendiri, jika kamu ingin bekerja dalam dunia penerbangan seperti pilot atau AVSEC, kamu harus menjalankan pendidikan di badan pendidikan yang di akui pemerintah dan akan mendapatkan lisensi dari pemerintah.
Cara Mendapatkan Lisensi AVSEC
Banyak yang menanyakan bagaimana cara mendapatkan Lisensi dan seberapa penting sih lisensi di dunia penerbangan?
Lisensi Aviation Security (AVSEC) atau keamanan penerbangan merupakan lisensi resmi yang hanya dikeluarkan oleh Direktorat Keamanan Penerbangan Udara yang diberikan kepada seorang petugas keamanan penerbangan yang dididik untuk menjadi petugas keamanan penerbangan agar mampu bekerja sesuai regulasi yang ditetapkan baik secara nasional maupun internasional.
Nah, jika kamu berminat menjadi seorang AVSEC, memiliki lisensi adalah sebuah kewajiban. Karena AVSEC yang memiliki lisensi akan lebih mudah diterima ketika mendaftar di perusahaan atau maskapai penerbangan dibandingkan dengan mereka yang tidak memiliki lisensi. Sebab mereka yang telah memahami dengan baik secara teori dan praktikal mengenai keselamatan penumpang.
Perbedaan Lisensi Dengan Sertifikat
Ibarat pada SIM (Surat Ijin Mengemudi), jika ada sekolah ,mengemudi mobil yang menyatakan memberi SIM atau lisensi pengemudi, maka sekolah tersebut dapat dituntut secara hukum. Sebab lisensi mengemudi hanya bisa dikeluarkan oleh kepolisian bukan sekolah mengemudi.
Tapi sekolah mengemudi diperbolehkan mengeluarkan surat yang menyatakan seseorang telah mengikuti pendidikan dan memenuhi kriteria kelulusan dari sekolah tersebut. Surat ini lah yang disebut Sertifikat. Sertifikat yang diberikan tidak menjamin seseorang tersebut akan lulus untuk mendapatkan lisensi.
Itu tadi perbedaan sertifikat dengan lisensi. Jika kamu berminat untuk menjadi AVSEC maka bergabunglah dengan PSPP Penerbangan Sekolah AVSEC Berlisensi Resmi. Disini kamu akan mengikuti Ujian Negara langsung dari Dirjen Perhubungan Udara, jika kamu dinyatakan lulus maka kamu akan mendapat sebuah Lisensi Basic dari Dirjen Perhubungan Udara.
Informasi Pendaftaran Sekolah AVSEC
Pendaftaran PSPP Penerbangan dibuka setiap tahun dengan 3 angkatan yaitu angkatan kelas Maret, kelas Juli dan kelas November. Jika calon siswa menanyakan pertanyaan ini di bulan April, maka calon siswa dapat mengikuti kelas di bulan Juli atau kelas November atau kelas tahun berikutnya.
Pendaftaran ditutup sewaktu-waktu jika kuota kampus terpenuhi. Pada setiap kampusnya, PSPP hanya menyediakan 150 kursi pendidikan. Yang mana PSPP kini sudah memiliki 5 kampus di Indonesia yaitu di Jakarta, Lampung, Yogyakarta, Medan dan Makassar.
Jika pada saat bertanya mengenai pendaftaran dan ternyata sudah ditutup untuk angkatan berikutnya, maka otomatis kamu akan diarahkan ke pendaftaran angkatan berikutnya lagi, artinya walaupun pendaftaran sudah ditutup, masih ada pendaftaran lagi untuk angkatan selanjutnya. Begitu seterusnya.
Bagi kamu yang ingin bergabung dengan Sekolah AVSEC Berlisensi Resmi PSPP Penerbangan. Hubungi Panitia Pendaftaran PSPP Penerbangan untuk informasi selengkapnya melalui Call/WA di 0822 1195 1972. Jadi begitu ya, ketemu lagi ya nanti sama mimin. Semoga informasi dari mimin bermanfaat. Terimakasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *