Sekolah PSPP Penerbangan Lampung – Penggunaan transportasi udara yang mana semakin tahun semakin bertambah tingkat laju pertumbuhan penumpang, yang mana tidak jarang beberapa maskapai perusahaan mengadakan jadwal penerbangan pada malam hari.

Lalu apa saja bahaya penerbangan malam hari?

Adapun tingkat pertumbuhan pengguna transportasi udara yang setiap tahunnya semakin bertambah mungkin tidak jarang banyak perusahaan maskapai yang mengadakan jadwal penerbangan pada malam hari.

Terlebih untuk beberapa rute penerbangan internasional yang memakan waktu lebih lama dibandingkan penerbangan domestik. Pada penerbangan malam hari tentu akan membutuhkan tantangan yang tidak sedikit. Salah satunya sebabnya adalah jarak visual seorang pilot yang terbatas pula.

Selain waktu malam hari, umumnya tubuh manusia akan melakukan fase istirahat dimana setelah siang harinya seluruh organ manusia bekerja.

Bahaya Penerbangan Malam Hari

Pada saat malam hari tentu tidak sedikit sebagian orang yang khawatir akan keselamatan dirinya. Meskipun begitu kamu tidak perlu khawatir berlebihan sebab pilot yang ada tentu sudah berpengalaman dan memiliki jam terbang yang tinggi.

Penerbangan pada siang hari tentu lebih memiliki resiko lebih kecil dibandingkan penerbangan di malam hari. Adapun bahaya yang patut diwaspadai ketika penerbangan malam hari, diantaranya:

  1. Kondisi Pencahayaan

Perbedaan antara penerbangan pada siang hari maupun pada malam hari yaitu pencahayaan yang berpengaruh pada pilot pesawat. Saat penerbangan pada malam hari tentu sumber cahaya bukanlah masalah, sebab pada siang hari cahaya bisa didapatkan dari sinar matahari yang cukup terang.

Pencahayaan yang cukup tentu akan memudahkan bagi pilot untuk melihat obyek dengan jelas. Terutama pada saat lepas landas, pilot akan lebih yakin sebab bisa melihat panjang lintasan yang akan digunakan. Navigasi akan jelas ketika siang hari, sehingga pilot memiliki patokan cakrawala ataupun horison.

Namun jika penerbangan malam hari tentu pencahayaan relatif terbatas dimana hanya ada cahaya lampu yang akan menerangi. Terlebih ketika lepas landas dan akan mendarat dimana sumber lampu menjadi batas landasan pesawat terbang.

Tentu lampu ini tidak seterang cahaya matahari yang menyinari bumi, ada keterbatasan visual yang mata manusia tentu mempunyai keterbatasan sendiri. Maka dari itu tidak jarang beberapa pilot perlu waspada yang lebih tinggi dibandingkan pada saat penerbangan siang hari.

  1. Metode Penerbangan yang Digunakan

Pada umumnya Seorang pilot akan menggunakan metode Visual Flight Rules Pada penerbangan siang hari dimana mengandalkan indera penglihatan untuk melihat. Pilot akan bisa jelas melihat seberapa panjang landasan bandara tempat pesawat lepas landas dan akan mendarat di bandara tujuan.

Sedangkan pada malam hari umumnya metode yang digunakan yaitu metode Instrument Flight Rules. Pada metode ini seorang pilot akan mengalami keterbatasan sumber cahaya. Alhasil mata pilot tidak bisa membedakan dengan jelas dan gamblang.

Maka dari itu pilot akan mengandalkan segala jenis instrumen yang ada dalam kokpit pesawat terbang. Selain itu pilot harus disiplin dalam mematuhi segala regulasi yang ditetapkan oleh CASR. Keselamatan penerbangan tetap menjadi prioritas utama yang perlu didahulukan.

Pada malam hari penggunaan metode penerbangan IFR tentu akan mengurangi bahaya penerbangan. Metode ini tentu sudah teruji dan menjadi standarisasi terutama pada penerbangan malam hari.

Jika kamu melakukan penerbangan malam hari, maka ada baiknya kamu tidak perlu khawatir serta cemas berlebihan. Pilot pesawat terbang umumnya sudah berpengalaman dan mempunyai jam kerja lama.

Bahkan bisa jadi penerbangan malam hari jauh lebih aman dan nyaman dibandingkan kamu melakukan perjalanan darat pada malam hari. Namun kamu sebagai penumpang tentu perlu menjaga keselamatan penerbangan dengan mematuhi peraturan maskapai.

Jadi itu tadi adalah informasi terkait dunia penerbangan. Ternyata banyak hal menarik yang bisa kamu tahu dan dapatkan di dunia penerbangan lho. Termasuk informasi untuk menjadi bagian dari maskapai penerbangan melalui bursa kerja yang dimiliki oleh sekolah penerbangan seperti PSPP Penerbangan. Bagi kamu yang ingin mengikuti pendidikan sekolah penerbangan PSPP, kamu bisa lho gabung sesegera mungkin karena kuota terbatas. Nah ini nih informasi Pendaftaran PSPP Penerbangan.

pspp penerbangan

Baca juga: Tips Mengikuti Penerbangan Internasional Pertama Kali

Informasi Pendaftaran Sekolah Penerbangan

Pendaftaran PSPP Penerbangan tahun 2020 ini dibuka 2 periode yaitu di bulan Juni dan Desember. Apabila calon siswa menanyakan pertanyaan ini di bulan Mei, maka calon siswa dapat mengikuti kelas di bulan Juni atau kelas Desember atau kelas tahun berikutnya.

Pendaftaran ditutup sewaktu-waktu jika kuota kampus terpenuhi. Pada setiap kampusnya, PSPP hanya menyediakan 150 kursi pendidikan. Yang mana PSPP kini sudah memiliki 4 kampus di Indonesia yaitu di Jakarta, Lampung, Yogyakarta dan Makassar.

Apabila kamu bertanya mengenai pendaftaran dan ternyata sudah ditutup untuk angkatan berikutnya, maka otomatis kamu akan diarahkan ke pendaftaran angkatan berikutnya lagi, artinya walaupun pendaftaran sudah ditutup, masih ada pendaftaran lagi untuk angkatan selanjutnya. Begitu seterusnya.

Bagi kamu yang ingin bergabung dengan Sekolah PSPP Penerbangan. Informasi selengkapnya atau ada yang mau ditanyakan, adik bisa menghubungi kak Asna melalui Call/WA di 0822 1195 1972. Jadi begitu ya, ketemu lagi nanti sama mimin. Semoga informasi dari mimin bermanfaat. Terimakasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *