Website Pendidikan Sekolah PSPP Penerbangan 2021

Panduan Pencegahan Corona dalam Penerbangan | PSPP Penerbangan

pramugari pspp penerbangan

Panduan Pencegahan Corona dalam Penerbangan | PSPP Penerbangan

Pendidikan Penerbangan PSPP Jakarta – Dunia saat ini sedang mengalami wabah pandemic Covid-19 terhitung sejak kasus ditemukan dan menyebar dari awal hingga pertengahan tahun 2020. Sudah lazim setiap negara mengetatkan protokol keselamatan terhadap virus yang penyebarannya sangat cepat ini. Penerbangan atau perjalanan melalui udara lewat pesawat juga disinyalir menjadi sarana penyebaran virus meluas mengingat perjalanan antar daerah atau negara mudah dilakukan. Bahkan orang yang baru saja dari perjalanan jauh menggunakan pesawat pun bisa dicurigai sebagai pembawa virus Covid-19. Lantas bagaimana standar keselamatan yang pas bagi mereka yang berniat melakukan perjalanan menggunakan pesawat? Simak yuk.

Panduan Pencegahan Corona dalam Penerbangan

Panduan pencegahan Corona dalam Penerbangan ini berasal dari IATA, yakni asosiasi perdagangan global untuk maskapai penerbangan dunia. Misalnya adalah untuk memimpin dan melayani anggotanya, serta untuk mewakili kepentingan mereka dengan cara yang mendorong industri transportasi bandara. Dilansir dari pramugari.info, informasi ini didapatkan melalui web IATA, dan berikut ini merupakan panduan pencegahan Corona dari IATA,

Standar Klasifikasi Pertama

Di titik-titik asal penerbangan (termasuk internasional dan domestik), apakah peswat dilengkapi dengan High-Efficiency Particulate Air (HEPA), filter, serta pada indicator lain seperti factor beban, waktu penerbangan dan sifat khusus dari misi penerbangan, penerbangan yang dioperasikan oleh maskapai penerbangan dapat dibagi menjadi tiga tingkatan. Yakni penerbangan beresiko tinggi, sedang dan rendah. Tindakan pencegahan dan pengendalian yang dibedakan harus diterapkan untuk tingkat risiko yang berbeda. Tangkat risiko harus disesuaikan secara waktu nyata sejalan dengan perkembangan pandemi.

Perlindungan Pribadi Bagi Kru Pesawat, Petugas Maintenance dan Petugas Kebersihan

Dalam hal perlindungan pribadi, hal-hal berikut ini harus diingat. Seperti masker harus dekat dengan wajah, menutupi hidung dan mulut sepenuhnya. Saat masker dipakai atau dilepas, kru kabin tidak boleh menyentuh lapisan luar masker dengan tangan untuk menghindari kontaminasi tangan.

Masker wajah harus segera diganti dengan yan baru, dan tangan harus dibersihkan dengan pembersih baik sebelum dan sesudah penggantian. Anggota kru penerbangan harus mengenakan masker saat berada di area istirahat kokpit dan kru. Anggota kru yang terbang dengan penerbangan beresiko tinggi harus mengganti topeng mereka setidaknya sekali setiap 4 jam (atau kapanpun diperlukan)

Pemeriksaan Suhu Badan

Suhu tubuh penumpang harus diukur pada berbagai fase penerbangan. Penerbangan resiko rendah peralatan thermometer inframerah non-kontak (dikalibrasi) harus digunakan untuk mengukur suhu tubuh penumpang dan gejalanya harus diamati sesuai kebutuhan. Laporan dan respons yang tepat waktu harus dilakukan jika penumang yang sakit ditemukan dengan gejala seperti demam (≥37,3ºC), kelelahan dan batuk kering.

New Normal Bagi Para Kru Pramugari

  • Kru kabin harus membersihkan dan mendisinfeksi tangan mereka sebelum dan sesudah persiapan makan.
  • Toilet harus dibersihkan sekali setiap 2 jam (atau setelah digunakan 10 kali) selama penerbangan, dan setelah desinfeksi, tangan harus dibersihkan dan didisinfeksi dengan tepat waktu.
  • Tiga baris kursi terakhir pada penerbangan internasional harus dicadangkan sebagai area karantina untuk menangani kemungkinan keadaan darurat dalam penerbangan.

Sedangkan regulasi atau peraturan sesuai dengan kebijakan otoritas setempat seperti mengosongkan satu kursi untuk tingkat keterisian 50% saja, melakukan jaga jarak, serta harus menyertakan surat keterangan untuk perjalanan dinas melalui rapid test (walau dinilai kurang akurat), sedangkan swab test yang lebih akurat biayanya jauh lebih mahal.

Namun peraturan akan terus mengalami perubahan dari waktu ke waktu tergantung perkembangan situasi kondisi. Yang terpenting untuk saat ini paling penting menjaga kesehatan diri, apabila tidak mendesak sebaiknya jangan melakukan perjalanan jauh seperti melalui pesawat sebagai upaya pemutusan penyebaran covid19.

Baca juga: Modal yang Diperlukan Untuk Menjadi Pramugari

Sekolah Pramugari Terakreditasi A PSPP Penerbangan

Karir Pramugari memang dibilang sangat menggiurkan. Pada kenyataanya, profesi Pramugari bukan hal yang mudah diraih semua orang. Hal ini dikarenakan sebuah maskapai penerbangan memiliki aturan dan seleksi yang cukup ketat. Maka disinilah peran penting sekolah Pramugari untuk mewujudkan mimpi siswa-siswinya melalui PSPP Penerbangan.

PSPP Penerbangan akan membantu proses mencari informasi lowongan kerja disamping memberikan keterampilan dan kesiapan bekerja. PSPP Penerbangan sendiri sudah membuka pendaftaran bagi siswa-siswi baru untuk kelas Maret, Agustus dan Desember. Informasi pendaftaran lebih lengkapnya hubungi kak Lita dengan Call/WA 0877-8300-8282. Sekian informasi dari admin. Semoga informasi yang admin berikan bermanfaat ya. Terimakasih

Panduan Pencegahan Corona dalam Penerbangan | PSPP Penerbangan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Daftar Sekarang
Chat WA Now!
Powered by