Sekolah Penerbangan Jakarta – Maskapai KLM asal Belanda telah merayakan ulang tahun mereka yang ke-100 pada 7 Oktober 2019. Ulang tahun KLM ke-100 ini sukses membuatnya menjadi maskapai tertua di dunia.

KLM atau “Koninklijke Luchtvaart Maatschappij” didirikan pada tahun 1919 yakni maskapai dunia dengan sejarah menarik dan panjang. Bahkan titik penting dalam sejarah maskapai ini masih berhubungan dengan negara Indonesia lho. Dikutip dari Suara.com yang telah merangkum dari laman Travel and Leisure mengenai fakta-fakta KLM. Simak yuk!pspp penerbangan klm

 

 

  • Maskapai yang tidak pernah ganti nama

 

Meski sudah menginjak 1 abad, akan tetapi KLM belum pernah ganti nama lho guys. Sebenarnya British Airways sudah merayakan ulang tahun ke-100 pada Agustus silan. Namun, sebenarnya bulan tersebut menandai berdirinya Aircraft Transport and Travel Limited yang mana beberapa tahun setelahnya barulah bergabung dan berganti nama menjadi British Airways.

Sehingga KLM pun menjadi maskapai tertua yang tidak pernah mengganti nama sejak didirikan hingga sekarang.

 

  • Maskapai yang berupa kerajaan

 

Meskipun tanggal resmi didirikannya KLM yakni 7 Oktober 1919, namun maskapai ini sudah ada sejak sebulan sebelumnya. Ketika itu, Ratu Wilhelmina menunjuk KLM sebagai maskapai kerajaan Belanda. Oleh sebab itu, maskapai ini pun mendapatkan tempat spesial di hati para keluarga bangsawan.

 

  • Tujuan antarbenua yang pertama yakni Jakarta

 

Pada 17 Mei 1920 penerbangan pertama KLM dilakukan dari London menuju Amsterdam. Kala itu, KLM masih menggunakan pesawat De Havilland DH-9B yang menjadi pesawat pengebom dalam Perang Dunia I.

Setelah 4 tahun, KLM merilis penerbangan antarbenua yang pertama. Rute tersebut yakni dari Amsterdam menuju Jakarta. KLM menggunakan pesawat Fokker VII dengan 3 penumpang di dalamnya. Saat itu total perjalanan Amsterdam menuju Jakarta memakan waktu hingga 55 hari dengan 21 pemberhentian.

 

  • Maskapai pertama yang mencetak majalah dalam pesawat

 

Pada saat itu, berbagai hiburan kamu bisa temukan di dalam pesawat dengan mudah. Dari majalah, musik, hingga film, semua sudah tersedia. Akan tetapi pada 1966 silam, KLM menjadi maskapai pertama yang menciptakan majalah in-flight untuk penumpang mereka. Majalah tersebut bernama Holland Herald. 

 

  • Karpet kelas bisnis terbuat dari seragam pramugari

 

Sebagai maskapai tertua KLM turut berpartisipasi untuk mengurangi jejak emisi  karbon pesawat. Salah satu usaha KLM yakni berinvestasi dalam membuat bahan bakar pesawat yang ramah lingkungan. Selain itu, KLM juga mendaur ulang seragam pramugari yang tak lagi terpakai. Uniknya seragam pramugari ini di daur ulang menjadi karpet kelas bisnis.

 

  • Pilotnya seorang raja

 

Bukan hanya digunakan sebagai maskapai keluarga kerajaan, KLM memiliki seorang raja yang menjadi seorang pilot juga. Pilot tersebut bernama Raja Willem-Alexander. Raja yang berusia 52 tahun ini telah menjadi pilot selama 20 tahun lamanya.

Raja Willem-Alexander terbang sebanyak dua kali dalam sebulan. Sementara, rute paling sering yang dilalui adalah Amsterdam menuju Istanbul.

Gimana nih, kayanya seru dan menarik banget ya kalau bisa jadi bagian dari maskapai penerbangan. Kamu tertarik gak nih? Kalau tertarik mimin ada informasi sekolah penerbangan yang telah terakreditasi dan recommended deh buat kalian. Sekolah Penerbangan yang Terakreditasi A ini adalah PSPP Penerbangan. PSPP Penerbangan telah berdiri sejak 1 Maret 2010 dan memiliki kampus di beberapa kota yakni Lampung, Jakarta, Yogyakarta dan Makassar.

Baca juga: Tes Kesehatan Staff Penerbangan Yang Kamu Wajib Pelajari

Informasi Pendaftaran PSPP Penerbangan

PSPP Penerbangan tahun ini membuka pendaftaran 2 periode yaitu pada bulan Juni dan Desember. Apabila calon siswa menanyakan pertanyaan ini di bulan Februari, maka calon siswa dapat mengikuti kelas di bulan Juni atau kelas Desember atau kelas tahun berikutnya.

Pendaftaran ditutup sewaktu-waktu jika kuota kampus terpenuhi. Hanya tersedia 150 kuota untuk masing-masing kampus. Terbatas banget ya dek. Kamu bisa mendaftar di salah satu cabang PSPP yang terletak di Jakarta, Lampung, Yogyakarta dan Makassar.

Untuk adek-adek yang ingin bergabung dengan PSPP Penerbangan. Adik bisa menghubungi admin Official PSPP melalui Call/WA di 0822 1195 1972 (kak Asna) atau langsung klik Formulir Pendaftaran. Jadi begitu ya, ketemu lagi nanti sama mimin. Semoga informasi dari mimin bermanfaat. Terimakasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *