fbpx
logo pspp
avsec

Fakta Menarik Pemeriksaan Keamanan di Bandara | PSPP Penerbangan

Pemeriksaan keamanan di bandara merupakan hal penting yang wajib dilewati semua penumpang sebelum naik ke pesawat. Meski demikian, tidak dipungkiri lagi jika proses pemeriksaan keamanan tersebut kerap membuat kita merasa malas ataupun kesal. Bahkan, sebagian travelers pasti ingin agar pemeriksaan keamanan cepat selesai dan berjalan lancar.

Maka dari itu agar kamu tidak membuat kesalahan saat pemeriksaan keamanan di bandara, tidak ada salahnya jika kamu harus mengetahui fakta berikut ini.

Dilansir dari laman Ranker, ini dia fakta menarik pemeriksaan keamanan di bandara yang perlu kamu ketahui.

1. Pilih barisan pemeriksaan keamanan yang hanya dijaga satu orang

Salah satu cara untuk melewati pemeriksaan keamanan dengan lebih cepat adalah memilih barisan yang hanya dijaga satu orang petugas. Dibandingkan dengan memilih barisan yang pendek, barisan yang hanya dijaga satu petugas biasanya akan lebih cepat selesai.

Hal tersebut karena barisan yang dijaga banyak petugas biasanya mengindikasikan bahwa ada petugas yang masih dalam masa latihan dan mereka membutuhkan waktu lama untuk memeriksa tas.

2. Mesin X-Ray tidak menghasilkan radiasi sebanyak yang kita duga

Salah satu hal yang banyak dipercaya adalah mesin X-Ray di bandara akan membuat kita terkena banyak radiasi. Walaupun mesin X-Ray memang mengeluarkan radiasi, pada kenyataannya pihak bandara sudah mengatur agar tingkat radiasi yang dikeluarkan tidak melebihi batas aman.

Bahkan, tingkat radiasi yang dihasilkan X-Ray di bandara sebenarnya hanya setara dengan radiasi yang diterima setiap 42 menit karena hidup di bumi.

3. Jangan bawa keju batangan di dalam koper

Ternyata, keju berbentuk batangan yang berukuran besar terlihat tidak jauh berbeda dengan bom saat melewati mesin X-Ray. Insiden ini pernah terjadi saat seseorang penumpang asal Boston terpaksa melewati pemeriksaan tambahan karena membawa keju berukuran besar sehingga dikira sebagai teroris.

Sebagai gantinya, jangan bawa keju di dalam koper tapi letakkan di dalam tas terpisah, sehingga mudah untuk diperiksa.

4. Menguap terlalu banyak bisa diidentifikasi sebagai seorang teroris

Beberapa bandara memiliki petugas keamanan yang ahli dalam mengidentifikasi keberadaan teroris melalui sikap yang mereka tunjukkan di bandara. Bahkan, menurut psikolog penumpang yang menguap terlalu banyak saat pemeriksaan dapat dianggap mencurigakan.

Selain menguap secara berlebihan, membuka mata terlalu lebar dan membersihkan tenggorokan secara berlebihan juga dapat dianggap mencurigakan.

Selain menguap secara berlebihan, membuka mata terlalu lebar dan membersihkan tenggorokan secara berlebihan juga bisa dianggap mencurigakan. Bersiul saat berjalan mendekati pemeriksaan keamanan pun juga lho dianggap sebagai tanda-tanda teroris. Bersikap lah senormal dan sebaik mungkin ya.

5. Tikus dapat menjadi masa depan pemeriksaan keamanan di bandara

Perusahaan keamanan asal Israel pernah berkata, jika tikus ialah pelacak yang jauh lebih efektif dibandingkan anjing untuk mendeteksi bom serta obat-obatan terlarang. Bukan hanya itu, tikus juga memerlukan biaya perawatan namun lebih jauh murah dan tempat ruang yang kecil jika dibandingkan dengan anjing.

Oleh karena itu, jangan heran jika kamu menemukan tikus yang ditempatkan di pemeriksaan keamanan bandara untuk mendeteksi barang-barang yang berbahaya. Nah, jika kamu ingin mempelajari lebih dalam tentang keamanan bandara, kalian bisa mengikuti pendidikan di PSPP Penerbangan lho. Yuk segera gabung bersama kami.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *