fbpx
logo pspp
pramugari pspp

Cukup Menegangkan! Ini Dia Tes Kesehatan Pramugari | PSPP Penerbangan

Sekolah Pramugari PSPP Yogyakarta – Sudah tau kan profesi yang gajinya cukup menjanjikan ini? Yaps, itu dia Pramugari. Pasti yang kamu tahu pramugari itu pasti tinggi, cantik, semampai dengan senyum yang menawan. Menjadi pramugari juga bukanlah hal yang mudah, semua itu tetap ada yang namanya tes.

Salah satu tes yang diadakan ialah Tes Kesehatan Pramugari. Tes tersebut harus dilalui oleh setiap calon pramugari yang sering berdiri di hadapan para penumpang pesawat dan melayani mereka. Memanglah, tugas utama mereka memberikan rasa aman dan nyaman kepada penumpang.

Meski demikian semua harus dibekali ilmu serta kesehatan fisik dan mental yang bagus. Berdiri dan melayani penumpang selama perjalanan pesawat memang tidak mudah. Butuh tenaga ekstra untuk melakukannya. Maka dari itu tes kesehatan pramugari harus dilakukan guna mencari seorang pramugari yang sehat dan berpenampilan prima ketika sedang mengemban tugasnya.

Tes Kesehatan Pramugari sering disebut dengan tes medex (medical examination) tujuan dari tes ini yaitu menemukan para calon pramugari tentang kelayakan kedehatannya demi keselamatan diri dan juga orang lain. Serta mengidentifikasi calon pramugari tersebut apakah mengkonsumsi narkotika dan minuman beralkohol atau tidak. Semua itu akan terlihat jika dilakukannya tes ini. Hal ini juga masuk ke dalam syarat menjadi pramugari.

Dalam tes kesehatan pramugari kebanyakan dari mereka yang pernah melakukannya memang cukup menegangkan terutama bagian tes keperawanan yang menjadi mitos dari dulu hingga sekarang. Apakah seorang pramugari harus perawan hingga diadakan tes tersebut? Nah kalau kamu penasaran apa aja sih tahapan tes kesehatan, berikut penjelasannya.

Tes Kesehatan Pramugari Pada Jantung (Tes EKG)

Akan sangat berbahaya ketika sedang terbang melayani penumpang kemudian ada pramugari yang tiba-tiba terkena penyakit jantung, bukan? Meskipun pada setiap maskapai ada pihak medis, penyakit jantung tentu berbahaya bila tidak didukung dengan alat kesehatan yang memadai. Apabila mendarat mendadak akan susah juga mencari landasan dan rumah sakit terdekat.

Maka dari itu tes jantung atau elektrokardiogram diadakan pada tes kesehatan pramugari. Tes jantung atau EKG merupakan tes diagnostik umum yang bertujuan untuk mengetahui fungsi jantung dari calon kandidat yang terdaftar. Tes inipun tidak hanya mengetahui kecepatan aktivitas jantungnya.

Akan tetapi, tes ini akan meliputi merekam aktivitas listrik pada jantung hingga batas tertentu. Selain itu mengidentifikasi aliran darah yang ada di jantung, apakah normal atau tidak. Karena jika ada aliran darah yang kurang normal, bisa menyebabkan calon kandidat tersebut memiliki riwayat penyakit jantung.

Tes kesehatan jantung pun memang penting guna memilih pramugari yang sehat dan siap terbang dan melayani penumpang dalam waktu yang lama. Apabila pramugari memiliki riwayat penyakit jantung, tentu tidak akan bisa terbang dalam waktu yang lama dan sangat membahayakan jiwanya sendiri.

Tes Laboratorium Untuk Calon Pramugari

Selain tes jantung, ada juga tes laboratorium yang perlu diikuti calon pramugari. Tes kali ini dilakukan untuk mendeteksi ada tidaknya penyakit dalam yang diderita oleh kandidat. Apabila ada penyakit dalam, kemungkinan besar tidak diterima karena akan membahayakan jiwanya sendiri.

Tes laboratorium meliputi pemeriksaan paru-paru, apakah penyakit paru-paru kronis atau asma dan penyakit pernapasan lainnya. Hal tersebut juga dilakukan untuk memprediksi adanya penyakit lain di masa depan yang mengganggu karir kandidar sebagai pramugari.

Kegiatan tes ini disebut juga dengan spirometri, sementara alat yang digunakan disebut dengan spirometer. Seperti hanya dengan tes jantung, pihak maskapai menginginkan tes tersebut agar tak ada awak pesawat seperti pramugari memiliki riwayat penyakit pernapasan.

Bagaimana coba kalau seorang pramugari tiba-tiba sesak napas saat melayani atau memberikan petunjuk keselamatan di pesawat? Maka dari itu, tes ini diberlakukan agar para calon pramugari terindikasi bebas dari penyakit pernapasan atau penyakit dalam lainnya yang akan datang di masa depan.

Tes Kesehatan Pramugari Pada Urine

Setelah melalui tahapan tes di laboratorium mengenai kondisi kesehatan di bagian dalam tubuhnya, tes berikutnya adalah tes urine. Bukan hanya tentara atau masuk sebagai polisi saja yang harus menggunakan tes urine, tapi untuk menjadi pramugari pun harus melakukannya.

Tes urine ini sering dilakukan pada beberapa instamsi untuk karyawan yang sedang direkrut. Tes urine merupakan tes untuk mengukur kandungan air seni orang tersebut, dari kandungan air itulah maka akan diketahui gejala beberapa penyakit yang disebabkan karena gangguan bakteri jahat.

Dapat diketahui juga untuk penyakit diabetes, sakit demam berdarah, kerusakan ginjal maupun liver. Dengan adanya tes ini pula, dapat diketahui apakah calon pamugari pernah mengkonsumsi narkoba ataupun alkohol atau tidak. Hal tersebut penting untuk diketahui karena pecandu narkoba dan alkohol bisa merusak kesadaran penggunanya.

Pilot pun akan melalui tes ini. Seorang pilot harus bersih dari berbagai penyakit dan juga narkotika agar tidak mengganggu penerbangan. Begitu juga dengan pramugari yang akan melayani penumpang sepanjang perjalanan harus memiliki tubuh yang prima agar dapat membuat penumpang nyaman dan aman.

Tes Kesehatan Pramugari Pada Fisik

Cukup banyak yang perlu dilalui pada tes ini, tes kesehatan pramugari pada fisik dibagi menjadi beberapa bagian untuk bisa terpilih menjadi kandidat terbaik. Kamu akan tegang untuk melalui tes fisik, karena tes ini perlu tingkat ketegangan yang tinggi.

Tes ini akan dilakukan secara menyeluruh, maka dari itu banyak yang cemas. Nah kenapa sih harus cemas? Berikut tesnya:

1. Pemeriksaan Mata

Seorang pramugari bertanggung jawab atas kenyamanan dan keamanan penumpang. Jadi harus tahu kepentingan makanan, minuman dan juga obat-obatan. Untuk itulah performa matanya harus bagus dan sehat agar bisa bekerja secara maksimal

Tes kesehatan pramugari, seperti tes mata yang dilakukan pada calon pramugari meliputi, tes buta warna, pergerakan mata, dan jarak pandang mata.  Lalu bagaimana jika mata minus? Diperbolehkan asal tidak lebih dari minus 2.

2. Tes Gigi

Seorang pramugari dituntut untuk selalu tersenyum ramah. Kerapian gigi akan membuat tampilan sang pramugari terlihat lebih berwibawa dan juga tidak mengganggu.

3. Tes Pendengaran

Pramugari harus siap mendengar perintah penting dari pilot, untuk segera dilakukan dan juga mendengar panggilan penumpang yang butuh bantuannya. Untuk itulah, pendengaran bagus sangat penting bagi pramugari.

4. Tes Fisik Menyeluruh

Biasanya pada tes ini seorang pramugari harus bisa menjaga keseimbangannya dalam berjalan agar bisa bagus ketika berjalan di pesawat yang sedang terbang menggunakan high heels.

Perlukah Tes Keperawanan Bagi Pramugari

Ini adalah suatu hal yang sering dibicarakan sejak dahulu. Apakah seorang pramugari harus perawan? Pada kenyataannya, dalam syarat menjadi pramugari tidak ada seorang pramugari perawan atau tidak.

Memang di sana tercantum, harus belum menikah. Tapi belum pasti jika seorang pramugari itu juga harus perawan. Gosip yang mengatakan jika menjadi pramugari harus dites keperawanan sebenarnya itu tak benar. Tidak ada tes tersebut untuk menjadi pramugari. Karena tes menjadi pramugari yang ada, yaitu :

  • Psikotes & Bahasa Inggris, yang meliputi berbagai macam tes dan juga keahlian bahasa inggris
  • Tes interview. Tes ini dibagi menjadi beberapa macam interview
  • Tes kesehatan pramugari, seperti yang sudah dijelaskan di atas
  • Dan tes tahap Aspek keamanan (ASKAM)

Jadi, tidak ada yang namanya tes keperawanan di dunia penerbangan untuk kriteria sebagai pramugari. Bila semua tahapan tes tersebut kamu lulus, maka kamu akan masuk ke pendidikan pramugari.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *