PSPP Penerbangan Jakarta – Pada Kamis, 27 Maret 2014 Presiden Susilo Bambang Yudhoyono Bandara secara resmi telah membuka Bandara Kualanamu di Deli Serdang, Sumatera Utara. Bandara sebagai pengganti Polonia ini sudah beroperasi pada 25 Juli 2013 lalu namun, baru diresmikan kemarin.

Bandara Kualanamu diharapkan nantinya dapat mengalahkan bandara Changi milik Singapura dengan upaya pengembangan yang dilakukan PT Angkasa Pura II ke depan. Ada beberapa fakta menarik yang dikutip mimin dari detikFinance mengenai bandara ini. Simak yuk!

Bandara Kualanamu mempunyai kapasitas 8 juta penumpang per tahun dengan 10 ribu pergerakan pesawat. Bandara megah ini akan dikembangkan dengan pembangunan terminal sehingga kapasitas bandara menjadi 24 juta penumpang per tahun.

Tempat parkir pesawat di bandara ini tersedia untuk 33 pesawat. Tidak mengherankan jika Direktur Utama PT. Angkasa Pura II,  Tri Sunoko begitu yakin Kualanamu akan bisa menyalip bandara Changi sebagai world class airport. Bandara ini terkesan megah dan mewah.

Selain itu, nuansa megah dan mewah di bandara ini tercermin dari interior bandara. Tatanan tenants, counter check in, ruang tunggu, terminal berangkatan dan kedatangan, serta fasilitas lainnya terlihat rapi ditambah lantai yang bersih.

Di beberapa sudut dan bagian tengah bandara terdapat ruang tunggu yang dilengkapi pepohonan kecil yang tak begitu rindang, menambah nuansa alam di dalam bandara. Tak hanya itu, tidak ada porter di bandara ini, meski masih saja ada taksi-taksi gelap yang beroperasi.

Salah satu moda transportasi yang tersedia di bandara ini adalah kereta bandara. Dalam sehari, kereta bandara bisa mengangkut 2.000-2.500 penumpang, dengan tarif yang dikenakan sekali perjalanan Rp 80.000.

Penumpang bisa naik kereta ini langsung menuju stasiun Medan Kota. Dalam sehari, sekitar 36 perjalanan kereta dari dan menuju Bandara Kualanamu. Letak stasiun bandara di Kualanamu berhadap-hadapan dengan terminal di bandara tersebut. Sehingga penumpang yang baru saja datang atau menuju terminal hanya tinggal jalan sebentar saja agar bisa menumpang kereta yang berdesain futuristik.

Suasana di stasiun pun tak berbeda jauh dengan kondisi terminal. Ruang-ruang di stasiun berlantai dua ini sangat lapang dan luas, lantainya pun mengkilap. Direktur Utama PT AP II Tri Sunoko menyebut bandara senilai Rp 5,59 triliun ini bisa didarati oleh pesawat airbus A380. Fasilitas seperti panjang dan kekerasan runway mampu untuk dijajal pesawat super jumbo buatan Airbus itu.

Bandara ini sudah direncanakan untuk dibangun sejak 22 tahun lalu, atau sekitar 1992. Pada saat itu, pemerintah memperkirakan pergerakan penumpang pesawat akan terus bertambah, sementara kapasitas bandara Polonia Medan diprediksi bakal tak sanggup lagi menahan lonjakan. Pembangunan sempat terhenti di tahun 1997 karena krisis moneter melanda negeri. Akhirnya, di tahun 2007 kala itu, Presiden SBY dan Wakil Presiden Jusuf Kalla melanjutkan proyek ini.

“Sempat terhenti di tahun 1997 karena krisis moneter. Bandara yang mulai dibangun tahun 1992. Kemudian pada jaman Pak SBY (Susilo Bambang Yudhoyono) dan Jusuf Kalla dimulai lagi pada tahun 2007,” kata Menteri Perhubungan EE Mangindaan.

Jadi itu tadi adalah informasi terkait dunia penerbangan. Ternyata banyak hal menarik yang bisa kamu tahu dan dapatkan di dunia penerbangan lho. Termasuk informasi untuk menjadi bagian dari maskapai penerbangan melalui bursa kerja yang dimiliki oleh sekolah penerbangan seperti PSPP Penerbangan. Bagi kamu yang ingin mengikuti pendidikan sekolah penerbangan PSPP, kamu bisa lho gabung sesegera mungkin karena kuota terbatas. Nah ini nih informasi Pendaftaran PSPP Penerbangan.

Baca juga: Fakta Penerbangan Termasuk yang Terjadi Jika Satu Mesin Mati

Informasi Pendaftaran Sekolah Penerbangan

Pendaftaran PSPP Penerbangan tahun 2020 ini dibuka 2 periode yaitu di bulan Juni dan Desember. Apabila calon siswa menanyakan pertanyaan ini di bulan Mei, maka calon siswa dapat mengikuti kelas di bulan Juni atau kelas Desember atau kelas tahun berikutnya.

Pendaftaran ditutup sewaktu-waktu jika kuota kampus terpenuhi. Pada setiap kampusnya, PSPP hanya menyediakan 150 kursi pendidikan. Yang mana PSPP kini sudah memiliki 4 kampus di Indonesia yaitu di Jakarta, Lampung, Yogyakarta dan Makassar.

Apabila kamu bertanya mengenai pendaftaran dan ternyata sudah ditutup untuk angkatan berikutnya, maka otomatis kamu akan diarahkan ke pendaftaran angkatan berikutnya lagi, artinya walaupun pendaftaran sudah ditutup, masih ada pendaftaran lagi untuk angkatan selanjutnya. Begitu seterusnya.

Bagi kamu yang ingin bergabung dengan Sekolah PSPP Penerbangan. Informasi selengkapnya atau ada yang mau ditanyakan, adik bisa menghubungi kak Asna melalui Call/WA di 0822 1195 1972. Jadi begitu ya, ketemu lagi nanti sama mimin. Semoga informasi dari mimin bermanfaat. Terimakasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *