Website Pendidikan Sekolah PSPP Penerbangan 2021

Aturan Yang Sering Dilanggar Penumpang Pesawat | PSPP Penerbangan

pspp penerbangan

Aturan Yang Sering Dilanggar Penumpang Pesawat | PSPP Penerbangan

Pendidikan Penerbangan PSPP Jogja – Saat hendak melakukan penerbangan pun tentu ada aturan yang harus dipatuhi oleh para penumpang. Dari awal masuk bandara hingga memasuki pesawat. Nah, berbagai aturan ini diciptakan untuk menegah atau meminimalisir resiko saat penerbangan.

Tidak banyak yang tahu bahwa 80% kecelakaan saat penerbangan pesawat komersial terjadi pada saat critical eleven berlangsung. Oleh karena itu sebagai penumpang sangat penting untuk mematuhi peraturan penerbangan. Dilansir dari nasa.or.id, ada pun beberapa peraturan yang sering dilanggar penumpang saat naik pesawat, diantaranya:

Memakai Sabuk Pengaman

Bagi sebagian orang ada yang menganggap sepele akan aturan yang satu ini. Kita tidak tahu kapan pesawat akan mengalami turbulence atau terjadinya guncangan, sehingga kamu harus selalu memakai sabuk pengaman saat lampu tanda sabuk pengaman menyala.

Perlu diketahui bahwa saat pesawat mengalami guncangan hebat, penumpang dapat terlempar dari kursi sehingga menyebabkan proses evakuasi akan berlangsung lebih lama. Maka dari itu, selalu kenakan sabuk pengaman saat lampu penanda menyala.

Harus Duduk Saat Pesawat Berjalan, Lepas Landas dan Mendarat

Ketika pesawat berjalan, lepas landas atau pun saat telah mendarat hendaknya kita harus duduk dalam posisi memakai sabuk pengaman sampai lampu tanda pengaman dimatikan. Karena dalam dunia penerbangan ada istilah taxy way merujukkan pada pesawat yang berjalan atau berpindah tempat lintasan.

Selama proses taxi way ini berlangsung, kecelakaan mungkin saja bisa terjadi. Contohnya pilot yang berhenti mendadak atau berbelok secara tajam. Kamu harus tetap duduk dan jangan berdiri apalagi mengambil barang di ruang penyimpanan di atas kepala. Bahkan ada saja kejadian tas jatuh dari ruang penyimpanan dan menimpa orang dibawahnya.

Menonaktifkan Gawai

Sebagian besar maskapai masih membuat aturan pada penumpang untuj mematikan perangkat elektronik dan melepas headphone pada saat lepas landas dan mendarat. Hal ini dapat mengakibatkan kerusakan apda sistem elektronik pesawat. Maka dari itu, kamu dilarang memasang headphone atau headset selama akan lepas landas dan mendarat agar kamu bisa mendengar instruksi dengan cepat dan jelas jika terjadi keadaan darurat.

Menyimpan Barang di Tempat Seharusnya

Point penting lainnya aturan yang harus dipatuhi demi keselamatan dalam penerbangan adalah menyimpan tas atau barang di tempat penyimpanan di atas kepada dan letakkan tas yang lebih kecil di kolong kursi di depanmu. Kamu juga harus memastikan bahwa area berjalan tidak terhalang benda apapun agar pada saat terjadi keadaan darurat, tidak ada halangan yang dapat menghambat prosesnya evakuasi.

Menegakkan Kursi

Dengan menegakkan kursi pada saat lepas landas dan mendarat akan meminimalisir potensi cedera saat keadaan darurat terjadi. Begitu pun ketika kursi berada dalam posisi tegak, risiko cedera saat terjadi benturan pun akan lebih kecil. Selain menegakkan kursi, kamu juga harus memastikan untuk melipat meja dan membuka penutup jendela.

Dengan melipat meja akan memudahkan penumpang saat proses evakuasi, sedangkan menutup jendela akan membuat lebih sadar jika ada hal-hal yang tidak beres dengan badan atau sayap pesawat.

Itulah beberapa aturan yang sering dilanggar oleh para penumpang saat naik pesawat. Ingatlah bahwa keselamatan adalah prioritas yang paling utama. Kita tidak boleh bergantung sepenuhnya pada pramugari dan petugas bandara, walau mereka telah dilatih untuk siap menghadapi situasi yang tak terduga. Sebagai penumpang yang baik, harus taat aturan dan mampu bekerja sama sehingga situasi penerbangan akan tetap aman sampai tempat tujuan. Semoga informasi ini dapat bermanfaat.

Baca juga: Tanggung Jawab Hingga Gaji Staff Bandara

Sekolah Staff Penerbangan Terakreditasi A PSPP Penerbangan

Karir Staff Penerbangan memang dibilang sangat menggiurkan. Pada kenyataanya, profesi Staff Penerbangan bukan hal yang mudah diraih semua orang. Hal ini dikarenakan sebuah maskapai penerbangan memiliki aturan dan seleksi yang cukup ketat. Maka disinilah peran penting sekolah Staff Penerbangan untuk mewujudkan mimpi siswa-siswinya melalui PSPP Penerbangan.

PSPP Penerbangan akan membantu proses mencari informasi lowongan kerja disamping memberikan keterampilan dan kesiapan bekerja. PSPP Penerbangan sendiri sudah membuka pendaftaran bagi siswa-siswi baru untuk kelas Maret, Agustus dan Desember. Informasi pendaftaran lebih lengkapnya hubungi kak Lita dengan Call/WA 0877-83800-8282. Sekian informasi dari admin. Semoga informasi yang admin berikan bermanfaat ya. Terimakasih

Aturan Yang Sering Dilanggar Penumpang Pesawat | PSPP Penerbangan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Daftar Sekarang
Chat WA Now!
Powered by