Website Pendidikan Sekolah PSPP Penerbangan 2021

Alasan Ujung Sayap Pesawat Dibuat Melengkung | PSPP Penerbangan

pesawat boeing 777 pspp penerbangan

Mengapa Ujung Sayap Pesawat Dibuat Melengkung? | PSPP Penerbangan

Pendidikan Penerbangan PSPP Makassar – Pesawat terbang merupakan salah satu alat transportasi udara yang saat ini mulai digemari masyarakat, mengingat selain waktu tempuhnya relatif singkat, harga tiket yang ditawarkan untuk menggunakan jasa transportasi udara yang satu ini juga bervariatif. Nah tapi, apakah kamu memperhatikan jika hampir semua jenis pesawat terbang memiliki ujung sayap yang dibuat melengkung? Penasaran gak nih apasih alasan ujung sayap pesawat dibuat melengkung? Simak yuk.

Mengapa Ujung Sayap Pesawat Dibuat Melengkung?

Dilansir dari sekolahpenerbangan.info, Sebagian orang mungkin akan menganggap ujung pesawat yang dibuat melengkung sebatas untuk hiasan semata tanpa ada tujuan tertentu dari proses pembuatannya. Akan tetapi, dibalik bentuk ujung sayap pesawat yang dibuat melengkung tersebut ada alasan pentingnya. Fungsi disini juga untuk kenyamanan dan juga kestabilan sebuah pesawat terbang.

Ujung sayap pesawat atau dalam dunia penerbangan disebut dengan istilah wingtip ini dibuat melengkung dikarenakan oleh beragam alasan. Dalam dunia penerbangan istilah winglet lebih familiar dipakai untuk menyebut ujung sayap pesawat yang dibuat melengkung tersebut. Ujung sayap pesawat dibuat melengking ini bertujuan untuk mengurangi serta mengatasi vortisitas ujung sayap (wingtupvortex) yaitu suatu turbulensi mini disekitar sayap yang disebabkan oleh pergerakan pesawat ketika menembus udara dan mempengaruhi kecepatan, jangkauan, kinerja, jarak tempuh, serta konsumsi bahan bakar pada suatu pesawat terbang. Bahkan bisa mengakibatkan kecelakaan apabila terdapat pesawat lain yang melewati daerah yang sama dengan terciptanya vortisitas.

Solusi Mengatasi Timbulnya Turbulensi

Untuk mengatasi timbulnya turbulensi tersebut, para insinyur dan peneliti pesawat terbang memberikan 2 macam solusi:

  1. Menciptakan sayap yang panjangnya tak terhingga untuk memisahkan aliran udara sepenuhnya dari bawah ke daerah atas sayap.
  2. Menciptakan struktur yang mampu memisahkan perbedaan tekanan di antara kedua area sayap yaitu dengan dibuatnya

Meskipun adanya winglet belum sepenuhnya mampu menghentikan terciptanya vortisitas, akan tetapi paling tidak dengan adanya ujung sayap yang dibuat melengkung tersebut dapat mengurangi terciptanya vortisitas dan keuntungan lainnya yakni pesawat terbang bisa lebih menghemat bahan bakar.

Nah itu tadi seputar alasan mengapa ujung sayap pesawat dibuat melengkung, semoga dapat menambah wawasan ya guys. Jika kamu tertarik untuk mempelajari dunia penerbangan dan bergabung dengan maskapai penerbangan nantinya, kamu bisa mulai langkah awalmu untuk mengikuti pendidikan dan pelatihan di sekolah penerbangan PSPP Penerbangan. Disini kamu bisa mendapatkan informasi dan tips agar bisa lolos menjadi kru penerbangan.

Baca juga: Materi Yang Diajarkan Di Sekolah Penerbangan

Sekolah Staff Penerbangan Terakreditasi A PSPP Penerbangan

Karir Staff Penerbangan memang dibilang sangat menggiurkan. Pada kenyataanya, profesi Staff Penerbangan bukan hal yang mudah diraih semua orang. Hal ini dikarenakan sebuah maskapai penerbangan memiliki aturan dan seleksi yang cukup ketat. Maka disinilah peran penting sekolah Staff Penerbangan untuk mewujudkan mimpi siswa-siswinya melalui PSPP Penerbangan.

PSPP Penerbangan akan membantu proses mencari informasi lowongan kerja disamping memberikan keterampilan dan kesiapan bekerja. PSPP Penerbangan sendiri sudah membuka pendaftaran bagi siswa-siswi baru untuk kelas Februari, Juni dan Desember. Informasi pendaftaran lebih lengkapnya hubungi kak Rika dengan Call/WA 0877-8300-8282. Sekian informasi dari admin. Semoga informasi yang admin berikan bermanfaat ya. Terimakasih.

Alasan Ujung Sayap Pesawat Dibuat Melengkung | PSPP Penerbangan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Daftar Sekarang
Chat WA Now!
Powered by