Sekolah Penerbangan Jakarta – Staff bandara atau sering disebut sebagai Ground Handling adalah profesi yang masih banyak digemari kaum muda. Profesi ini berkecimpung di bidang pelayanan penumpang bandara. Para petugas ini akan melayani penumpang langsung sebelum melakukan perjalanan udara.

Nah tahukah kamu ada 8 rahasia tersimpan dari seorang Staff Bandara, simak langsung yuk..

  1. Dilatih secara khusus untuk menganalisis perilaku ‘ganjil’

Sebagian besar bandara memiliki pakar khusus yang disebut profiler, orang tersebut akan mempraktekkan apa yang disebut spark atau memeriksa penumpang dengan teknik observasi. Mereka dengan cermat menganalisis ekspresi wajah, gerak tubuh dan perilaku untuk mendeteksi orang yang mencurigakan.

Tugas mereka adalah memperhatikan tanda-tanda kecemasan non-verbal, seperti: menjilat bibir, gatal atau sering melihat-lihat. Jika profiler melihat seseorang bertindak aneh atau ganjil, staff bandara dapat mengundang mereka untuk diperiksa.

Disana mereka akan berbicara dengan orang tersebut untuk mencoba mencari tahu lebih banyak tentang mereka. Profiler bekerja di aula utama dan di pemeriksaan pasport. Pertanyaan umum yang mereka tanyakan adalah, Apa tujuan kunjungan Anda? Mereka akan memeriksa ekspresi orang tersebut atas pertanyaan tersebut.

Meskipun orang tersebut sangat tertutup, jika mereka menyembunyikan sesuatu petugas TSA akan tahu berkat isyarat kecil dalam perilaku orang.

  1. Mengetahui seberapa agresif diri kamu

Di bandara besar banyak kamera khusus yang dapat mendeteksi tingkat agresif tertentu. Kamera-kamera ini mengirimkan informasi ke komputer dan dalam kasus tingkat agresif yang berbahaya, seperti saat seseorang terlihat merah di layar tersangka akan dihentikan oleh keamanan bandara untuk pemeriksaan terperinci.

Kemudian mereka diperiksa dengan kombinasi sensor jarak jauh, teknologi inframerah lalu terlihat gambar bawah sadar tertentu. Dengan cara ini para ahli dapat mendeteksi reaksi spesifik seseorang dengan memeriksa detak jantung, pernafasan dan suhu tubuh mereka. Mungkin suatu hari kita akan melalui pemeriksaan keamanan tanpa menyadarinya.

  1. Tidak mengetahui yang terjadi di kopermu setelah meninggalkan bandara

Sebagian orang dalam satu titik menginginkan jawaban untuk pertanyaan, ‘Apa yang terjadi kepada barang bawaan saya dan mengapa selalu begitu kotor?’. Jawaban singkatnya adalah staff bandara tidak tahu begitu barangmu meninggalkan bandara dan mungkin tidak terlalu peduli. Bagasi sendiri diurutkan secara otomatis, pemindai memindai kode batang dan mengurutkan bagasi sesuai dengan tujuannya.

Tiga tugas utama petugas bagasi bandara adalah:

  • Memindahkan tas dari area check-in ke pintu keberangkatan
  • Memindahkan tas dari satu pintu keberangkatan ke pintu keberangkatan lain saat transit
  • Memindahkan tas dari pesawat ke area pengambilan bagasi

Jadi, jika kamu tidak bergerak cukup cepat, barang bawaanmu bisa terlambat untuk penerbangan lanjutan atau kebalikannya barangmu sampai ke tujuan sebelum kamu. karna kamu terjebak di antrian pasport.

Masalah lain juga dapat timbul jika kamu lupa merobek stiker lama yang menunjukkan tujuan berbeda. Dalam hal ini pemindai mungkin membawa barang bawaanmu ke negara yang salah.

  1. Memiliki anjing yang dapat memeriksa tas

Bahkan sebelum dinaikkan pesawat, barang bawaanmu akan melewati 5 tingkat keamanan. Salah satu selain memindai isinya yaitu diperiksa juga oleh anjing khusus yang dapat mengendus barang kimia berbahaya.

Hidung anjing sudah dikenal lebih kuat dibanding hidung manusia manapun. Faktanya anjing dapat membedakan bau dari 10.000 hingga 100.000 kali lebih baik daripada manusia. Tidak mengherankan bandara memanfaatkan indera super ini untuk keamanan dan secara teratur menggunakan anjing pelacak ini untuk mendeteksi zat yang mencurigakan. Yang kerennya lagi adalah kamu tidak dapat membedakan anjing pelacak dari saudaranya yang biasa. Tidak seperti anjing polisi, anjing yang bekerja di bandara tidak dilatih untuk menakut-nakuti atau mengintimidasi manusia.

  1. Makananmu dimasak sepanjang waktu

Sebagian besar bandara dilengkapi dengan dapur raksasa untuk menyiapkan makanan bagi penumpang. Dapur-dapur ini biasanya memasak makanan untuk berbagai maskapai penerbangan sekaligus. Dan karena makanan pesawat yang begitu lezat itu harus dimasak sekitar 6-10 jam sebelumnya, dapur ini harus bekerja 24 jam. Ini mungkin terdengar mengejutkan. Tapi menu tentang penerbangan, dikembangkan hingga 1 tahun sebelumnya, ini adalah praktik umum bagi sebagian besar maskapai karna setiap bahan penting dan menambah biaya, bahkan American Airlines berhasil menghemat sekitar $40.000 setelah mereka mengurangi hanya 1 buah zaitun dari setiap salad yang disajikan dalam penerbangan.

  1. Bandara mengendalikan pesawat lebih dari yang kamu pikirkan

Tidak hanya mengendalikan pesawat di langit seperti yang biasanya kamu lihat di film, staff operasional juga mengendalikan pergerakan pesawat di darat serta pencahayaan di landasan pacu. Itulah sebabnya ada tiga jenis pemandu lalu lintas udara, yaitu di udara, terminal dan menara. Masing-masing staff operasional ini memiliki area tanggung jawab mereka masing-masing. 1 staff operasional memiliki 5 monitor dan informasi di monitor tersebut terus berubah karena menunjukkan kondisi cuaca dan informasi pesawat lain.

  1. Memeriksa validitas visamu tanpa terkecuali

Jika staff bandara mengetahui jika visamu telah kadaluarsa, atau kamu tidak memilikinya ketika memasuki negara mereka. Kamu akan dideportasi oleh maskapai yang membawamu kesana. Belum lagi mereka harus membayar untuk tagihan tiket juga, yang berarti bisa pulang secara gratis. Itu sebabnya orang-orang di meja check-in memastikan kamu memiliki visa yang valid ke negara tujuanmu karna tidak ada yang mau membayar untuk penerbanganmu.

  1. Mengetahui yang ada di tanganmu

Staff bandara terkadang meminta penumpang untuk menggosokkan tanganmu ke selembar kain sebelum memasukkannya ke mesin khusus. Ini mungkin nampak menakutkan, tapi sebenarnya tidak berbahaya. Kamu akan diperiksa dengan mesin yang disebut alat penyemprot. Sebelum hari kerja dimulai, petugas memasukkan sample bahan kimia berbahaya ke dalam mesin itu. Mesin itu akan menghafal bau-bau ini, dan seandainya tangan seseorang berbau seperti zat-zat kimia itu, mesin itu akan memberi tahu staff bandara tentang bahaya ini.

Jadi itu tadi adalah informasi terkait dunia penerbangan. Ternyata banyak hal menarik yang bisa kamu tahu dan dapatkan di dunia penerbangan lho. Termasuk informasi untuk menjadi bagian dari maskapai penerbangan melalui bursa kerja yang dimiliki oleh sekolah penerbangan seperti PSPP Penerbangan. Bagi kamu yang ingin mengikuti pendidikan sekolah penerbangan PSPP, kamu bisa lho gabung sesegera mungkin karena kuota terbatas. Nah ini nih informasi Pendaftaran PSPP Penerbangan.

pspp penerbangan

Baca juga: Hal yang Perlu Disiapkan Sebelum Mendaftar Pramugari

Informasi Pendaftaran Sekolah Penerbangan

Pendaftaran PSPP Penerbangan tahun 2020 ini dibuka 2 periode yaitu di bulan Juni dan Desember. Apabila calon siswa menanyakan pertanyaan ini di bulan Mei, maka calon siswa dapat mengikuti kelas di bulan Juni atau kelas Desember atau kelas tahun berikutnya.

Pendaftaran ditutup sewaktu-waktu jika kuota kampus terpenuhi. Pada setiap kampusnya, PSPP hanya menyediakan 150 kursi pendidikan. Yang mana PSPP kini sudah memiliki 4 kampus di Indonesia yaitu di Jakarta, Lampung, Yogyakarta dan Makassar.

Apabila kamu bertanya mengenai pendaftaran dan ternyata sudah ditutup untuk angkatan berikutnya, maka otomatis kamu akan diarahkan ke pendaftaran angkatan berikutnya lagi, artinya walaupun pendaftaran sudah ditutup, masih ada pendaftaran lagi untuk angkatan selanjutnya. Begitu seterusnya.

Bagi kamu yang ingin bergabung dengan Sekolah PSPP Penerbangan. Informasi selengkapnya atau ada yang mau ditanyakan, adik bisa menghubungi kak Asna melalui Call/WA di 0822 1195 1972. Jadi begitu ya, ketemu lagi nanti sama mimin. Semoga informasi dari mimin bermanfaat. Terimakasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *