Seperti yang kita ketahui, hingga saat ini profesi Pramugari ialah profesi yang diidam-idamkan banyak orang, khususnya perempuan. Daya tarik dari profesi ini mencakup pengalaman traveling atau keliling dunia, gaji yang cukup menggiurkan serta berkesempatan bertemu dengan banyak orang.

Tahu gak sih, ternyata susah lho buat lolos seleksi menjadi pramugari. Tidak sembarangan orang bisa lolos kelayakannya. Beberapa kriteria harus bisa dipenuhi untuk menjadi pramugari. Kali ini mimin sebutkan Syarat Utama & Lain Bagi Calon Pramugari dari berbagai sumber dari internet biar komplit-sekomplitnya agar kamu bisa bercermin ke dirimu sendiri sebelum bertarung.

Syarat Utama Pramugari:

  1. Sehat Jasmani dan Rohani

Bukan hanya pramugari, semua pekerjaan pasti membutuhkan kesehatan baik jasmani maupun rohani. Kondisi ini memang harus dipenuhi karena dengan sehat jasmani dan rohani, maka penumpang akan mendapatkan pelayanan secara maksimal ketika dalam pesawat.

  1. Pendidikan Minimal SMA/K sederajat

Syarat ini wajib dipenuhi karena pendidikan formal akan sangat menentukan keputusan yang diambil ketika sudah bekerja sebagai pramugari. Selain itu bekal SMA maka kamu dapat mengikuti pendidikan lebih lanjut seperti sekolah pramugari ini.

  1. Tinggi Minimal 160 cm

Terkait kondisi fisik, seorang pramugari dituntut memiliki kondisi fisik yang mumpuni. Tinggi minimal untuk pramugari ialah 160 cm. Tentunya kondisi fisik ini akan membangun citra positif sebuah maskapai penerbangan.

  1. Bebas Dari Obat-Obat Terlarang

Seorang pramugari memang dilarang mengkonsumsi obat-obat terlarang baik sebelum ataupun setelah penerbangan. Obat-obat ini dikhawatirkan akan mengganggu kinerja para pramugari. Oleh sebab itu, para pramugari profesional memang harus bebas dari obat-obat terlarang.

  1. Tidak Memiliki Kekurangan Fisik

Selain kemampuan komunikasi, pramugari juga dituntut untuk selalu tampil menarik. Kondisi yang mengakibatkan faktor kekurangan fisik, seperti cacat dsb tidak dapat menjadi pramugari. Meskipun ada organ yang sudah digantikan dengan organ tubuh tiruan.

  1. Memiliki Berat Badan Ideal

Tidak semua pramugari memiliki postur tubuh yang langsing dan tinggi, yang pasti adalah memiliki berat badan ideal. Cara ukur berat badan ideal yaitu dengan berat badan : tinggi badan x (2). Jika hasilnya diantara 18,5 – 23, maka berat badan kamu ideal dan layak menjadi seorang pramugari.

  1. Harus Memiliki Sertifikat Sekolah Pramugari

Pramugari harus mengikuti program pendidikan profesi atau sekolah pramugari. Oleh sebab itu, jika kamu ingin menjadi pramugari harus sekolah di Sekolah Pramugari Terbaik seperti PSPP Penerbangan.

Selain 7 syarat utama diatas, masih ada lho Syarat Lain Menjadi Pramugari yang perlu kamu penuhi. Nah ini dia 10 persyaratan lain itu, antara lain:

  1. Tidak punya tanda lahir di wajah

Tidak memiliki tanda lahir di wajah menjadi persyaratan umum di beberapa maskapai penerbangan untuk mendapat posisi pramugari.

  1. Kuku jari yang pendek

Bagi sebagian maskapai penerbangan, mereka tidak memperbolehkan pramugari untuk memiliki kuku jari yang panjang. Beberapa maskapai menetapkan panjang kuku maksimum adalah 0,1 inci (3 mm).

  1. Dilarang menikah

Hal ini tentu sudah tidak asing lagi jika pramugari memang tidak boleh menikah. Setidaknya ketika mereka masih di awal kontrak. Tapi hal tersebut masih tergantung dari kebijakan pihak maskapai penerbangan.

  1. Ukuran pinggul yang tepat

Aigle Azur, maskapai penerbangan Perancis memiliki ketentuan untuk mengukur pinggul. Pinggul yang “sempurna” untuk pramugari ialah tidak lebih dari 39 inci (100 cm).

  1. Kemahiran berenang

Banyak maskapai penerbangan seperti Ryanair, pramugari harus bisa berenang setidaknya sepanjang 20 meter (65 kaki). Sedangkan British Airways, pramugarinya harus bisa berenang minimal sejauh 50 meter. Berenang memang keterampilan yang diperlukan, jika ada pendaratan darurat di atas air.

  1. Potongan rambut pendek

Jika kamu perhatikan, tentunya pramugari di berbagai maskapai penerbangan baik domestik maupun internasional memiliki potongan rambut pendek. Jika memang tidak menghendaki rambutnya dipotong, mereka akan membuat sanggul agar tetap rapi. Pihak maskapai tentu ingin pramugarinya memiliki rambut tertata rapi agar tidak mengganggu pekerjaan mereka.

  1. Tak boleh punya tato atau tindikan

Maskapai penerbangan secara garis besar, pasti meminta pramugarinya agar tidak bertato. Jikalau bertato, dipersilahkan di tempat yang tertutup dan jangan sampai terlihat. Selain itu tidak dikehendaki memiliki piercing atau tindikan.

  1. Kemampuan bertahan hidup di dalam hutan

Dalam mengantisipasti pendaratan darurat pesawat di alam liar atau hutan. Adapun maskapai penerbangan yang mengadakan pelatihan bertahan hidup di hutan untuk para pegawainya.

  1. Tidak punya bulu hidung arau ketiak yang tampak

Kerapian dan kebersihan memang sudah menjadi kriteria yang kita ketahui. Ternyata ada beberapa maskapai penerbangan yang tidak memperbolehkan pramugarinya untuk menghilangkan segala rambut ketiak, hidung dan telingan yang nampak.

  1. Latihan Beladiri

Orang-orang dalam pesawat tidak selalu berperilaku baik, butuh banyak usaha untuk menenangkan mereka. Apalagi jika ada seorang penjahat yang menyusup ke dalam pesawat. Itulah mengapa beberapa maskapai penerbangan mengadakan kelas beladiri untuk pramugarinya.

Jika kamu berminat menjadi pramugari, alangkah baiknya mengikuti pendidikan pramugari. Mengapa demikian? Kamu akan mendapat wawasan baru serta pengalaman. Yang mana akan berguna ketika kamu mendaftarkan diri di sebuah perusahaan atau maskapai penerbangan.

Informasi Sekolah Pramugari Terbaik

PSPP Penerbangan Sekolah Pramugari Terbaik yang telah Terakreditasi A dan telah berhasil meluluskan 6000 alumnus. Pendaftaran PSPP Penerbangan dibuka setiap tahun dengan 3 angkatan yaitu angkatan kelas Maret, kelas Juli dan kelas November. Jika calon siswa menanyakan pertanyaan ini di bulan April , maka calon siswa dapat mengikuti kelas di bulan Juli atau kelas November atau kelas tahun berikutnya.

Pendaftaran ditutup sewaktu-waktu jika kuota kampus terpenuhi. Masing-masing kampus PSPP hanya menyediakan 150 kursi pendidikan dimana PSPP kini sudah memiliki 5 kampus di Indonesia yaitu di Jakarta, Lampung, Yogyakarta, Medan dan Makassar.

Jika pada saat bertanya mengenai pendaftaran dan ternyata sudah ditutup untuk angkatan berikutnya, maka otomatis kamu akan diarahkan ke pendaftaran angkatan berikutnya lagi, artinya walaupun pendaftaran sudah ditutup, masih ada pendaftaran lagi untuk angkatan selanjutnya. Begitu seterusnya.

Bagi kamu yang ingin bergabung dengan Sekolah Pramugari Terbaik PSPP Penerbangan. Hubungi Panitia Pendaftaran PSPP Penerbangan untuk informasi selengkapnya melalui Call/WA di 0822 1195 1972. Jadi begitu ya, ketemu lagi ya nanti sama mimin. Semoga informasi dari mimin bermanfaat. Terimakasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *